Sampah di Jembatan Musi 1 Berserakan


Foto: Adi/Pagaralam Pos Berserakan: Tampak sampah yang berserakan di jembatan Musi 1 Empat Lawang.
Foto: Adi/Pagaralam Pos
Berserakan: Tampak sampah yang berserakan di jembatan Musi 1 Empat Lawang.

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Sekilas di Jembatan Musi I terlihat kondisi jembatan bersih dari sampah. Namun jika dilihat dari jembatan rel kereta api, di sepanjang Jembatan Musi I tersebut banyak sampah berserakan yang sudah membusuk. Parahnya lagi, sampah yang berada di pinggir jembatan sering jatuh ke aliran sungai Musi. Hal ini tentu membuat kondisi sungai tercemar.

“Iya banyak sekali sampah berada di pinggir jembatan Musi. Ini menandakan masih lemahnya kesadaran masyarkat kita membuang sampah pada tempatnya,” ungkap Ridwan (35) warga kelurahan Pasar Kecamatan Tebing Tinggi, kemarin.

Dirinya tak menampik, seringkali melihat oknum warga yang asal saja melempar sampah di pinggir jembatan. “Sudah menjadi santapan mata sehari-hari, oknum warga yang asal membuang sampah sembarangan di pinggir jembatan,” akunya

Senada diungkap, Ujang (30), warga yang sama. Dirinya prihatin, masih banyak oknum yang membuang sampah ke pinggir jembatan dan mencemari sungai Musi. “Padahal kotak sampah sudah disiapkan oleh pemerintah, tapi kenapa masih saja membuang sampah ke pinggir jembatan, ke sungai, ini sangat disayangkan,” katanya.

Kepala Dinas Pasar Kebersihan dan Keindahan Kota (DPK3) Kabupaten Empat Lawang, Zainul Arifin ST M Si, menyatakan pihaknya akan mengecek ke lokasi dan mengupayakan sampah yang berada di pinggir Jembatan Musi I diangkut. “Memang sampah di pinggir jembatan susah untuk diangkut, dalam arti beresiko. Yang jelas kita akan cek ke lokasi dan mengupayakan ini,” katanya.

Ditambahkan Zainul, yang terpenting adalah kesadaran masyarakat setempat agar tidak membuang sampah lagi ke Jembatan. “Itu yang terpenting. Kesadaran masyarakatnya yang harus ditonjolkan. Padahal kita sudah menyiapkan kotak sampah di sejumlah titik di Tebing Tinggi. Misalnya nanti kita sudah bersihkan, tapi masyarakat masih saja membuang sampah di sana, kan percuma saja,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Empat Lawang, Darno Bakar, melalui Kabid AMDAL, Iskandar menyebut, sebelumnya pihaknya sudah memasangan pengumuman di sekitaran jembatan Musi I untuk melarang masyakarat membuang sampah. “Dulu ada papan informasi yang kita pasang, namun sudah hilang. Tapi di tahun ini kita akan pasang lagi papan informasi tersebut,” tegasnya. (07/CE-V)

Previous Jatah Makan Napi Berkurang
Next Oknum Pol PP Simpan Sabu