Rutan Baru Tunggu Hibah Tanah Selesai


PAGARALAM POS, Pagaralam – Rencana pembangunan rumah tahanan (Rutan) baru di Dusun Keban Agung Baru, Kelurahan Ulu Rurah, Kecamatan Pagaralam, masih menunggu kepastian, kapan rampungnya hibah tanah yang disertifikatkan Pemkot Pagaralam. “Saat ini dikabarkan masih proses, bersamaan dengan lahan kantor sejumlah instansi vertikal yang ada di Kota Pagaralam,” ungkap Kepala Cabang Rutan Pagaralam, Muhamad Kameily AMd.IP SH MH, kemarin.

Jika sudah diserahkan, maka kata Kameily, pembangunan lanjutan Rutan yang baru bisa laksanakan. Sebab, belum lama lokasi Rutan baru sudah ditinjau oleh Biro Perencanaan Kanwil Hukum dan HAM Pusat dan Provinsi Sumsel. “Rutan Pagaralam, masuk skala prioritas untuk lanjutan pembangunannya. Kondisinya saat ini sudah ada bangunan tembok keliling, dapur, bengkel kerja dan masjid,” urainya.

Pihaknya meminta Pemkot Pagaralam untuk secepatnya menyelesaikan persoalan hibah tanah, agar pembangunan Rutan baru yang memiliki areal seluas sekitar 2 hektar segera dilaksanakan. “Jika tidak ada hambatan, di 2016 mendatang pembangunannya dilanjutkan. Rencananya akan dibangun kantor dan kamar hunian Napi dengan kapasitas 200 orang, dengan spesifikasi Napi anak dan wanita,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kota Pagaralam, Yokanan Mulyo Widagdo AK, melalui Kabid Aset, Rusnaidi mengatakan, saat ini proses sertifikat lahan hibah Rutan masih proses. “Masih ada berkas-berkas yang kurang di Badan Pertanahan Pagaralam. Jika tak ada halangan, akhir tahun ini (2015) rampung,” pungkasnya. (06/CE-V)

Previous 2019, Bebas dari Pemukiman Kumuh
Next Transaksi 2 kg Ganja Digagalkan