Rumah Mantan Anggota Dewan Ludes Terbakar


Foto : Oyong/Pagaralam Pos
PADAMKAN : Petugas ketika berusaha memadamkan api yang melahap rumah milik mantan anggota dewan.

PAGARALAM POS, Lubuklinggau – Rumah kosong di Jalan Nias, Rt 2, Kelurahan Jawa Kanan, Kecamatan Lubuklinggau Timur II, tepatnya di belakang Bank BRI Kota Lubuklinggau, ludes dilalap api, Kamis (29/8), sekitar Pukul 19.00 WIB.

Diketahui rumah kosong dua lantai, yang berukuran lebih kurang panjang 15 meter dan lebar 10 meter itu, milik mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Lubuklinggau priode 2009-2014, bernama Andri Tanzil alias Kehok.

Menurut saksi mata, Yanti (40) warga setempat yang sedang melintas dekat Tempat Kejadian Perkara (TKP) kebakaran, melihat api sudah membesar dan langsung berteriak, sehingga membuat warga sekitar berhamburan keluar Rumah. “Saya keluar dari rumah, pas nengok ado api la besak depan rumah,” terangnya.

Sementara itu, salah seorang warga yang sedang berada di ATM BRI melihat api sudah melambung tinggi dan melaporkan kepada petugas keamanan disana, dengan sigap satpam BRI langsung menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran dan Pendagulangan Bencana (DPKPB) Lubukinggau.

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) langsung merespon laporan dan tiba dilokasi sekitar Pukul 19.20 WIB, langsung mengerahkan anggotanya untuk memadamkan api yang sudah semakin membesar. Sebanyak 7 unit mobil damkar dikerahkan untuk menjinakkan api tersebut, dan api dapat dipadamkan sekitar Pukul 20.52 WIB.

Terpisah, Ketua RT 2, Leli, menyebutkan rumah kosong itu terbuat dari kayu, sudah lama ditinggal pemiliknya, dan sekarang dijadikan sarang walet oleh pemiliknya. Menurutnya, kebakaran terjadi akibat dari anak buah gudang tersebut, sedang membakar pohon coklat yang sudah mati. Kemungkinan lupa untuk dipadamkan sehingga menyambar rumah panggung kosong yang terbuat dari kayu tersebut. “Anak buahnya sudah dua hari ini membakar sampah, namun saat hari pertama api sampah dipadamkan oleh pekerja,” ungkapnya seraya mengatakan, untuk korban jiwa tidak ada, karena rumah tersebut kosong. Selanjutnya, menurut pantauan dari Waratawan Pagaralam Pos, yang saat itu sedang berada di lokasi kejadian, ratusan warga mendatangi TKP untuk melihat api yang membakar rumah kosong tersebut, bahkan lorong yang menuju pusat api dipadati oleh masyarakat, sehingga petugas Damkar kesulitan untuk masuk, dan akhirnya mobil masuk ke area Bank BRI untuk memadamkan api. (mg03)

Previous Nama Pengganti Sekda Bermunculan
Next Heppy Safriani Joncik Jabat Ketua PMI