Ribuan Masyarakat Miskin Tak Lagi Terima Bantuan


Kadinsos Empat Lawang, Eka Agustina


PAGARALAM POS, Empat Lawang –
Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI), diawal 2021 ini, mengakurasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), yang menjadi rujukan data penyaluran bantuan sosial pemerintah ke masyarakat melalui berbagai program pemerintah seperti Program Sembako yang dahulu bernama Bantuan Pangan non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Sosial Tunai (BST).
Akibatnya, banyak masyarakat yang sebelumnya menjadi penerima manfaat dari program sosial pemerintah tersebut, tidak lagi menerima bantuan sosial, karena datanya hilang di DTKS Kemensos RI.
Kepala Dinsos Kabupaten Empat Lawang, Eka Agustina didampingi Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Fero Ananta mengatakan, ada sedikitnya lima ribuan lebih Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari berbagai program sosial pemerintah melalui Kemensos RI di Kabupaten Empat Lawang, terpaksa hilang dari data karena dampak akurasi DTKS di Kemensos RI tersebut.
Dalam penjelasan lain, data keluarga miskin yang dianggap tidak valid oleh Kemensos RI, itu dikeluarkan dari data penerima manfaat bantuan sosial pemerintah. “Jadi, bukan kita di Kabupaten yang hapus, tapi di Kementerian Pusat langsung. Ini penting saya tegaskan, takutnya masyarakat yang sebelumnya merupakan KPM program sosial pemerintah salah faham ke kita, karena datanya hilang,” jelas Eka Agustina saat dibincangi wartawan, Selasa (12/1).(Ac07/Mg01)

Previous Luas Hutan Berkurang
Next DLH Lahat Usul Naik Kelas