Rekor Baru, Pasien Positif Bertambah 11 Orang


PAGARALAM POS, Empat Lawang – Sebuah rekor buruk penambahan kasus pasien terkonfirmasi positif Covid 19, terjadi di Kabupaten Empat Lawang. Hari ini, Rabu (30/9), sebanyak 11 orang dinyatakan positif Covid – 19.

Mayoritas pasien tersebut berasal dari Tenaga Kesehatan (Nakes) di RSUD Empat Lawang. Salah satunya, merupakan dokter spesialis. Dari 11 orang yang dinyatakan positif Covid 19 tersebut, sebanyak 8 orang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien 24.
Juru bicara percepatan penanganan Covid 19 Kabupaten Empat Lawang, dr Arga Sena, membenarkan adanya penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid 19 di Kabupaten Empat Lawang.

Ia menjelaskan, dengan adanya penambahan pasien yang terkonfirmasi positif Covid 19 ini, maka total akumulasi pasien yang terkonfirmasi positif Covid 19 di Kabupaten Empat Lawang mencapai 38 orang. Dua orang meninggal dunia, 13 orang sudah dinyatakan sembuh dan 23 pasien lainnya masih dalam proses penyembuhan. “Ya benar, hari ini (kemarin, red) ada penambahan sebanyak 11 orang pasien yang terkonfirmasi positif Covid 19 di Kabupaten Empat Lawang,” ungkap dr Arga.

Ia mengatakan, hingga saat ini hanya ada Tiga pasien yang dirawat di RSUD Empat Lawang. Sedangkan 20 pasien lainnya, melakukan isolasi Mandiri di rumahnya masing-masing. “Meskipun isolasi Mandiri, harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Termasuk di dalam rumah mereka sendiri, agar tidak mudah menular dengan orang lain,” ujarnya.

Arga menambahkan, untuk pengawasan terhadap pasien yang melakukan isolasi Mandiri, melibatkan unsur pemerintah setempat dan Babinsa. “Mereka mengetahui siapa saja warga yang dalam masa isolasi, pengawasan dilakukan oleh mereka,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Empat Lawang, dr Devi Adrianti menyampaikan, dengan adanya tambahan kasus Nakes terkonfirmasi COVID-19 ini, pihaknya akan memperketat pendisipilinan protokol kesehatan di lingkungan RSUD Empat Lawang. “Para Nakes yang terkonfirmasi positif COVID-19, langsung menjalani isolasi dan dalam pemantauan tim medis. Sememtara semua teman-teman Nakes lainnya, kita lakukan tracking terhadap kontak erat dan telah dilakukan swab,” jelasnya, Rabu (30/9).

dr Devy berharap masyarakat mendoakan kasus COVID-19 tidak terus bertambah. “Masyarakat disiplin dan taat aturan yang telah disampaikan pemerintah,” imbuhnya.
Mengenai pelayanan, sambung dia, pihaknya tetap membuka pelayanan poli. Namun dengan protokol kesehatan yang lebih ketat.

Sementara, Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad, mengatakan, dengan adanya penambahan kasus positif yang cukup banyak, dirinya meminta tim gugus tugas untuk memperketat kedisplinan dalam penerapan protokol kesehatan. “Kita akan rapat terlebih dahulu apakah nanti akan Work From Home (WFH) lagi, atau yang masuk bekerja di Kantor hanya ada orang orang penting saja, yang jelas Saya sudah mengeluarkan peraturan untuk tidak mengadakan hajatan, dan kembali menerapkan belajar di rumah bagi siswa se-Kabupaten sebagai langkah tegas kita,” ucap Joncik.

Joncik juga menjelaskan, kalau virus Corona itu nyata, jadi diharapkan baik masyarakat dan pejabat di lingkungan Pemkab untuk berhati-hati dalam beraktivitas di luar rumah. “Hati-hati dan jaga kesehatan karena Corona itu ada, apalagi bagi masyarakat yang daerahnya saat ini sudah ada yang terkonfirmasi positif,” tetasnya. (Ac07)

Previous Dewan Perlu Keluarkan Hak Interpelasi
Next Berikan Tips Dalam Berpolitik