Rawan Longsor, Pengendara Diimbau Lebih Waspada


Foto: Madhon/Pagaralam Pos BERSIHKAN LONGSOR: Sejumlah anggota Satgas Bencana BPBD Kota Pagaralam lakukan giat bersih-bersih material longsor, terjadi di kawasan Jalan Negara, Kelurahan Pelang Kenidai.
Foto: Madhon/Pagaralam Pos
BERSIHKAN LONGSOR: Sejumlah anggota Satgas Bencana BPBD Kota Pagaralam lakukan giat bersih-bersih material longsor, terjadi di kawasan Jalan Negara, Kelurahan Pelang Kenidai.

PAGARALAM POS, Pelang Kenidai – Guyuran hujan turun deas, terjadi di wilayah Kota Pagaralam hingga kini, menjadikan sejumlah kawasan pinggiran jalan Negara rentan terjadi longsor dan sangat membahayakan para pengguna jalan yang melintas.

Seperti pinggiran jalan Negara di Kelurahan Pelang Kenidai, Kecamatan Dempo Tengah, tepat menuju kawasan objek wisata Lematang Indah, belum lama ini longsor dan menjadikan arus lalulintas sedikit tersendat. Beruntung, bencana alam itu cepat diketahui petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pagaralam, sehingga dengan cepat dilakukan upaya pembersihan.

“Pada Minggu (17/1) pagi, gundukan tanah merah di pinggiran jalan Negara. Tepatnya, berada di tikungan arah menuju objek wisata Lematang Indah tertimbun longsor, mengetahui hal ini kita pun bergerak cepat, dengan melakukan upaya pembersihan material tanah merah, yang longsor dan menutupi badan jalan,” demikian disampaikan Kepala BPBD Kota Pagaralam, Herawadi SSos, melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Tarmizi SE, didampingi Kasi Logistik Kusmi Effendi, belum lama ini.

Menghindari hal tidak diinginkan, kata Kusmi, pada musibah bencana longsor terjadi itu, pihaknya menurunkan 60 anggota Satgas Bencana dan PBK untuk mempercepat pembersihan lokasi badan jalan dari material longsor berupa tanah merah yang berhamburan, baik lewat cara mengangkut tanah merah di badan jalan serta melakukan upaya penyemprotan dengan menggunakan kendaraan PBK.

“Bila tidak cepat diambil langkah pembersihan, kita khawatir pengendara sepeda motor akan jatuh tergelincir. Terlebih melihat kondisi jalan yang basah serta ditambah dengan tanah merah, tentu saja menjadikan permukaan badan jalan sangat licin untuk dilalui. Makanya kita mengimbau, di tengah musim penghujan seperti ini pengguna jalan untuk waspada agar terhindari dari bahaya tanah longsor,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Dempo Tengah, Dra Rismawati mengatakan, saat musim hujan tiba kawasan jalan Negara sepanjang wilayah Kecamatan Dempo Tengah hingga Kecamatan Dempo Selatan sangat mudah terjadi longsor. Sebab itu, para pengguna jalan diimbau untuk tetap waspada, agar terhindari dari ancaman longsor. (09/CE-V)

Previous Perjuangkan Usulan Skala Prioritas
Next Kapolres: Giat Belajar Demi Menggapai Cita-Cita