Puncak Arus Balik Pagaralam Diprediksi Membludak Sabtu Nanti


PAGARALAM POS, Pagaralam – Libur lebaran segera berakhir. Ini ditandai dengan mulai banyaknya pemudik melakukan perjalanan balik menuju luar Pagaralam. Diperkirakan, puncak arus balik terjadi pada Sabtu nanti (1/7).

Berdasarkan pantauan Pagaralam Pos, kemarin, (28/6), suasana loket bus Sinar Dempo nampak ramai. Para penumpang memadati loket bus jurusan pulau Jawa tersebut. Mereka menanti keberangkatan bus yang akan membawa mereka balik ke pulau Jawa.

Owner Bus Sinar Dempo, Drs H Joni Sidik MM MH mengatakan, arus balik sudah dimulai. Meskipun demikian, ia menyebutkan, dalam beberapa hari terakhir belum nampak lonjakan penumpang. “Hari ini (kemarin) sudah ada lima bus yang kita berangkatkan ke Jawa. Empat bus mengangkut penumpang dari Pagaralam. Satu bus lagi dari Pendopo, Empat Lawang,” ujar Joni, saat dihubungi Pagaralam Pos.

Ia memperkirakan, puncak arus balik akan terjadi pada Sabtu mendatang (1/7). Sebabnya, itu merupakan hari terakhir cuti bersama dalam rangka hari raya Idul Fitri. Karenanya, penumpang bergegas untuk segera kembali agar bisa bekerja pada Senin harinya (3/7). Ia juga memperkirakan, jumlah penumpang pada arus balik tahun ini tak akan sebanyak tahun lalu.

Ditemui terpisah, owner travel Gautama, Haidir Murni SH mengatakan hal yang senada. Kata dia, saat ini sudah banyak penumpang berangkat ke luar Pagaralam. “Tadi (kemarin) ada lima armada yang kita berangkatkan. Tujuan Palembang dan Bengkulu masing-masing satu armada. Adapun untuk tujuan Lampung ada empat armada,” ucap Haidir. Ia pun memperkirakan, puncak arus balik terjadi pada Sabtu nanti.

Berbicara mengenai jumlah penumpang, diakui Haidir, libur lebaran tahun ini terjadi penurunan ketimbang tahun sebelumnya. Ia memperkirakan, hal itu terjadi lantaran saat ini, sudah banyak pilihan moda transportasi yang bisa digunakan penumpang untuk pulang kampung. Selain travel dan bus, disebutkannya, penumpang bisa menyewa mobil. (11)

Previous Miliki Segudang Potensi, Ida Bujuk Petinggi FORKOPIMDA Berwisata ke Pagaralam
Next Begini Kata Yudi Soal Penjaringan Balon di Partai Hanura