Puluhan Lampu Panel Tenaga Surya Rusak


Foto: agung/Pagaralam Pos DICURI: Kelengkapan lampu taman panel tenaga ada yang rusak, akibat panel tenaga surya dan baterai dicuri oknum tak bertanggungjawab.
Foto: agung/Pagaralam Pos
DICURI: Kelengkapan lampu taman panel tenaga ada yang rusak, akibat panel tenaga surya dan baterai dicuri oknum tak bertanggungjawab.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Puluhan lampu penerangan dan lampu hias di kawasan Alun-alun Selatan Kota Pagaralam, rusak. Kerusakan tersebut disebabkan panel tenaga surya dan baterainya hilang dicuri oknum warga yang tidak bertanggungjawab.

Tak tanggung-tanggung, seluruh lampu di kawasan tersebut panel dan baterainya hilang. Bahkan tiang yang paling tinggi pun juga dinaiki para pencuri tersebut. Akibatnya, saat ini ketika malam hari kawasan alun-alun menjadi gelap karena penerangannya mati.

Pantauan di lapangan, bukan saja lampu penerangan yang dicuri, sejumlah lampu hias juga rusak Efri (32) salah seorang warga setempat mengatakan, lampu di kawasan Alun-alun tersebut memang tidak lama hidup, setelah kawasan itu diresmikan lampunya sudah banyak dicuri.

“Kami tidak tahu kapan pencurinya mengambil panel dan baterai tersebut. Karena memang kami tidak terlalu memperhatikannya,” ujarnya.

Walikota Pagaralam, Hj. Ida Fitriati, melalui Kabag Umum dan Perlengkapan Pemkot Pagaralam, Marjohan Derah mengatakan, memang kesadaran masyarakat untuk menjaga fasilitas umum di Kota Pagaralam ini masih kurang. Hal inilah yang menyebabkan hampir semua fasilitas umum yang ada rusak.

“Kita akan melakukan pendataan sejumlah fasilitas umum yang rusak. Jika memang diperlukan, nantinya setiap fasilitas umum akan diberikan tanggungjawab pada warga sekitar. Hal ini diharapkan akan menumbuhkan rasa memiliki dan tanggungjawab warga,” jelasnya. Pihaknya juga mengharapkan, bagi warga yang melihat ada oknum yang merusak fasilitas umum untuk dapat melaporkan ke pihak berwajib, agar bisa ditindak tegas. (08/CE-V)

 


Previous Kerinjing ‘Pikat’ Warga Luar Pagaralam
Next Usulan Pagar Permanen Belum Direspon