Puluhan Hektar Sawah Kering


PAGARALAM POS, Pagaralam – Area persawahan yang digarap petani di ataghan Dusun Karang Anyar, Kelurahan Kance Diwe, Kecamatan Dempo Selatan, sudah 5 hari ini kering tak teraliri air. Hal ini disebabkan jebolnya Siring Ayek Baghu yang berfungsi semacam mata air.

Sutiono, salahseorang warga Dusun Karang Anyar menceritakan, kekeringan itu diketahui sejak Minggu (18/1). “Semua sawah di ataghan ini sudah kering kerontang. Kalau ditotal jumlahnya mencapai 50 hektar lebih,” tutur Ono.

Ditambahkannya, salahsatu titik Siring Ayek Baghu berlokasi tak jauh dari ataghan Karang Anyar itu jebol sepanjang lima meter, akibatnya air meluber ke lain arah. Wajar jika air tidak sampai mengalir jauh sampai ke sawah. “Kami meminta kepada pihak terkait untuk cepat tanggap memperbaiki siring yang jebol. Sawah kami butuh pasokan air dengan segera. Jika tidak, padi akan mati, kami pun rugi,” pintanya dengan sangat.

Terpisah, Kepala BPBD Kota Pagaralam, Herawadi SSos menyatakan, pihaknya akan mengecek ke lokasi untuk mendapatkan kondisi sebenarnya. “Kita juga berharap agar warga dapat melaporkan kondisi langsung ke BPBD,” tambahnya. (11/CE-V)

Previous Bandit Pecah Kaca, Gasak Uang Tunai Rp 6 Juta
Next Hari Ini, 125 Pejabat Eselon Dilantik