Puluhan Alumni AKN Lahat Temui Cik Ujang


Foto : Heru/Pagaralam Pos
TEMUI : Sejumlah alumni dan mahasiswa AKN Lahat saat menemui Bupati Lahat, Senin (19/8).

PAGARALAM POS, Lahat – Merasa sudah menjadi korban kelinci percobaan berdirinya Akademi Komunitas Negeri Lahat, puluhan Massa tergabung dalam mahasiswa dan alumni AKN Lahat, Senin (19/8) sekitar pukul 10.00 WIB gruduk Pemkab Lahat. Dengan tujuan berharap agar Bupati Lahat, Cik Ujang SH bisa memperjuangkan agar mahasiwa AKN Lahat masuk dalam Forlap Dikti.

Arman Dwi Putra, salah satu peserta aksi mengatakan, dirinya sebagai perwakilan alumni AKN Lahat, yang merupakan Perguruan Tinggi diploma 2, yang menginduk dengan Universitas Negeri Padang (UNP), merasa kecewa AKN Lahat harus ditutup. Apalagi saat ini persoalan nama para alumni yang tidak ada di Wabsite Dikti itu, juga belum selesai.

“Kami ingin kepastian, bukan angan-angan, jangan buat kami jadi bahan percobaan. Seluruh mahasiswa AKN Lahat dari tahun 2014 sampai 2017, tidak masuk dalam Forlap Dikti. Imbasnya ijazah kami ini tidak ada nilainya,” ujar Arman, Senin (19/8).

Arman juga menyayangkan, kondisi ini seakan dibiarkan oleh pengurus AKN Lahat. Bukan hanya tidak bisa menggunakan ijazah untuk melamar kerja, dengan tidak terdaftar dalam Forlap Dikti, seluruh alumni AKN Lahat juga tidak bisa meneruskan jenjang kuliah yang lebih tinggi.

“Ada yang ditransfer ke UNP, tapi hanya dibatasi lima orang. Sisanya kami diarahkan ke perguruan tinggi swasta, tapi tidak bisa masuk karena tidak ada bukti dari Forlap Dikti,” terang alumni AKN Lahat tahun 2017, jurusan Teknik Pertambangan ini. Sementara, Bupati Lahat, Cik Ujang SH, didampingi Kepala Dinas Pendidikan Lahat, Sutoko MSi menerangkan, terkait polemik belum terdaftarnya nama mahasiswa AKN Lahat di Forlap Dikti, dikarenakan saat itu pembayaran SPP mahasiswa sempat terhambat. Karena saat itu anggaran Pemkab Lahat lagi minim. “Dua hari lalu, kita sudah koordinasi, insya allah saat ini seluruh alumni AKN Lahat sudah terdaftar di Forlap Dikti,” terang Sutoko. (mg02)

Previous Pidsus Polres Lahat, Ikut Selidiki Maut di Talang Sakuat
Next Kursi Anggota Dewan Banyak Kosong