Polres Empat Lawang ‘Panen’ Besar 300 Batang Ganja di Talang Miungan


Foto: adi/Pagaralam Pos
BATANG GANJA: Barang bukti ganja sekitar 300-an batang ditemukan anggota Satres Narkoba Polres Empat Lawang di kawasan Talang Miungan.

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Ladang ganja kembali ditemukan di wilayah Kabupaten Empat Lawang, Sabtu (15/12) sekitar pukul 23.45 WIB. Ladang ganja ini ditemukan anggota Satres Narkoba Polres Empat Lawang di kawasan Talang Miungan, Kecamatan Talang Padang.




Ganja tersebut tumbuh subur di perbukitan dengan kemiringan sekitar 75 derajat. Ditemukan sekitar 300-an batang dengan tinggi antara 1 meter sampai 2,5 meter, di lahan sekitar 1 hektar.




Kapolres Empat Lawang, AKBP Agus Setyawan didampingi Kasat Res Narkoba, AKP Joni Indra Jaya mengatakan, ganja-ganja tersebut sudah cukup tinggi dan siap dipanen oleh para pelaku.




Namun saat penggerebekan, anggota tidak menemukan para pemilik ladang dan diperkirakan sudah melarikan diri ke dalam hutan. Anggota harus menempuh perjalanan dari desa ke TKP sekitar 4 jam.




“Pelaku ada tiga orang. Identitasnya sudah kami ketahui. Salahsatunya berinisial Y dan W. Anggota lalu melakukan pencabutan dan pemusnahan batang ganja di lokasi dan sebagian dibawa ke Polres untuk barang bukti,” ungkap Agus saat press realese, Minggu (16/12).




Ditambahkan Agus Setyawan, penggerebekan ladang ganja, berdasarkan pengembangan dari tersangka yang ditangkap dengan barang bukti 1 kg ganja kering. Kemudian dikembangkan ke ladang ganja di Desa Batu Junggul, Kecamatan Muara Pinang, ditemukan sekitar 100 batang ganja.




“Kita kembangkan lagi di Talang Miungan, menemukan sekitar 1 hektar ladang ganja berisi sekitar 300 batang. Pengungkapan ladang ganja, terus dikembangkan, karena diperkirakan masih ada ladang-ladang lain di wilayah Empat Lawang,” katanya.




Terkait ditemukan ladang ganja ini, Bupati Empat Lawang, Joncik Muhammad memberikan apresiasi kinerja aparat keamanan. Masyarakat kata Joncik diminta untuk terus berperan aktif membantu pihak kepolisian, dalam memberikan informasi apabila ada masyarakat yang menanam ganja, mengedarkan Narkoba atau sejenisnya.




“Kepala desa saya perintahkan untuk selalu mengawasi daerahnya masing-masing. Masyarakat juga saling membantu memberantas Narkoba dan tindak kriminal lainnya,” tegas Joncik. (07) (07)

Previous Empat Lawang Miliki Batu Megalit
Next Bantu Masyarakat Membutuhkan, Kak Pian Ajak Pegawai Rutin Donor Darah