Poktan Dibantu 500 Ekor Calon Indukan Itik


Foto: gusti/Pagaralam Pos
ITIK : Bantuan ratusan ekor itik tiba di Usaha Poktan Terus Jaya, di Karang Dapo, Pagaralam.

Pagaralampos.com – Sektor peternakan itik jadi sasaran program Dinas Pertanian Kota Pagaralam dalam upaya menggeliatkan perekonomian dikalangan peternak. Untuk itu, sejumlah peternak dibantu sekitar 500 ekor Itik petelur berserta pakan, Rabu (24/10), bertempat di usaha Kelompok Tani Terus Jaya, di kawasan Simpang Karang Dapo, Kelurahan Tumbak Ulas, Kecamatan Pagaralam Selatan.




Ketua Poktan Tani Terus Jaya, Ivan Setiawan mengatakan, dirinya bersama poktan lainnya sangat berterima kasih dengan adanya program bantuan calon indukan itik petelur yang diberikan. “Selama ini usaha ternak itik poktan kami sudah berjalan sejak beberapa tahun silam, dengan menggunakan mesin tetas menghasilkan bibit itik hingga dirawat menjadi indukan,” ulasnya.




Dengan adanya bantuan itik sebanyak 500 itik nantinya, diharapkan bisa mempercepat pembiakan itik oleh kelompok. “Yang jelas kelompok sangat terbantu dengan adanya bantuan ini,” kata dia.




Plt Kadis Peternakan, Hellen Phornica mengatakan, bahwa bantuan ini tak lain sebagai upaya pemerintah kota untuk menggeliatkan usaha dikalangan petani. Yang mana, saat ini usaha itik belum begitu banyak. “Ada tiga kelompok yang menerima yaitu, Poktan Terus Jaya Poktan Tunas Baru, dan Poktan Harapan Maju,” kata dia.




Bantuan 500 ekor itik ini terdiri dari 400 ekor betina dan 100 ekor jantan. “Usianya baru sekitar 4 bulan. Diharapkan dalam tempo dua bulan lagi itik bantuan ini menjadi indukan petelur,” kata dia.




Tidak cukup sebatas menghasilkan telur untuk dipasarkan, ditegaskan Hellen. Namun, poktan juga diharapkan bisa mengelolanya untuk menghasilkan bibit baru dengan menetaskan telur. “Telur bisa ditetaskan lagi, karena salahsatu kelompok (Poktan Tani Jaya, red) memiliki mesin tetas, dari sinilah bibit untuk indukan bisa diperbanyak lagi. Yang nantinya, usaha poktan terus berkembang maju untuk memenuhi pasar atau konsumsi di Pagaralam,” harap Hellen. (PP1)

Previous Kerahkan Seluruh ASN di Aksi 'Jumsih', Wawako Ajak Warga Ikut Jaga Kebersihan
Next Walikota Sebut Aroma Kopi Pagaralam Terbaik di Sumsel