Plt Bupati Dituding Tak Indahkan Surat KASN


PAGARALAM POS, Empat Lawang – Plt Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah dituding tidak mengindahkan surat dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) bernomor B-939/KASN/5/2016 tertanggal 31 Mei 2016, berperihal, hasil pengawasan terhadap Pemberhentian dan Pengangkatan Sekretaris Daerah Kabupaten Empat Lawang.

Tudingan tersebut disampaikan mantan Sekda Empat Lawang, H Burhansyah. Menurut dia, dalam surat KASN yang ditujukan langsung ke Bupati Empat Lawang, yang ditembuskan kepada Mendagri RI, Menpan RB, Ketua BPK RI, Kepala BKN, Gubernur Sumsel, Ketua DPRD Empat Lawang, Kepala Kantor Regional VII BKN di Palembang dan dia sendiri sebagai pelapor. Jelas tertulis pihak KASN merekomendasikan kepada Plt Bupati Empat Lawang agar mengangkat dan menetapkan kembali dirinya selaku Sekda Empat Lawang, melalui surat keputusan.

“Rekomendasi KASN bersifat mengikat. Dan harus dilaksanakan selambatnya tiga minggu setelah surat KASN diterima Plt Bupati. Namun hingga kini, jabatan Sekda Empat Lawang tidak juga dikembalikan ke pada saya. Saya merasa telah terdzolimi,” kata Burhansyah kepada wartawan, kemarin.

Diceritakannya, dari awal pencopotan dirinya selaku Sekda Empat Lawang, banyak kejanggalan-kejanggalan terjadi. Pemberhentian dirinya selaku Sekda Empat Lawang, berdasarkan keputusan Plt Bupati Empat Lawang, No.821/812/KEP/BKD/2015 tertanggal 18 Desember 2015. Pemberhentian itu, didasari atas SK. Gubernur Sumsel No.167/KPT/BKD.II/2015 tanggal 14 Desember 2015, karena telah pindah/alih tugas menjadi pegawai Setda Provinsi Sumsel. Sementara, keputusan gubernur tersebut didasarkan pada usulan Plt Bupati Empat Lawang, No.800/1011/VI/2015 tanggal 30 Nopember 2015.

“Rentetan peristiwa itu merupakan upaya penggulingan paksa terhadap saya selaku Sekda Empat Lawang, tanpa melalui mekanisme yang berlaku. Saya tidak akan menuntut, jika mekanismenya sesuai dengan aturan yang berlaku,” tegasnya seraya mengatakan, jika memang diberhentikan sudah sesuai dengan mekanisme yang berlaku, dia ikhlas. (07/CE-V)

#baca berita selanjutnya…terbit 9 agustus 2016#

Previous Siap Kirim 4 Regu Gerak Jalan
Next Desak Pengerjaan Jembatan Lematang II Segera Dirampungkan