Pinta Bupati Sanksi Sekolah Nakal


Foto : Heru/Pagaralam Pos
AKSI : Pemuda Pancasila saat melakukan aksi di depan Kantor Pemkab Lahat, Jumat (6/12).

PAGARALAM POS, Lahat – Diduga masih adanya sekolah tingkat SMP dan SMA di Lahat, memungut bayaran sekolah yang tidak sesuai aturan, berdalih hasil keputusan komite. Pasma Pemuda Pancasila Lahat, Senin (6/12) datangi Pemkab Lahat. Meminta Bupati Lahat, Cik Ujang SH, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat untuk menegur, hingga memberi sanksi terhadap sekolah yang suka nakal.

Syaik Amrullah, selaku Koordinator Aksi menerangkan, dari temuan pihaknya masih ada sekolah tingkat SMP maupun SMA di Lahat, memungut bayaran dengan wajib dan berjenjang. Bahkan dari temuannya, ada sekolah yang memberikan sanksi tidak bisa mengikuti ulangan, bahkan dikeluarkan. Jika siswa enggan membayar iuran. “Ini benar terjadi, terutama sekali soal bayaran. Siswanya wajib membayar, dan dilakukan secara berjenjang. Salah satu SMA di Kota Lahat,” terangnya.




Menanggapi hal itu, Asisten I, Rudi Thamrin SH mengatakan, untuk SD dan SMP, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Disdikbud Lahat. Sedangkan untuk SMA, akan berkoordinasi dulu dengan Pemerintah Provinsi. Soalnya SMA merupakan wewenang penuh dari Provinsi.”Kami akan meninjau ulang semua, kebijakan yang diberikan ke sekolah. Apakah ada hukum tetap atau tidak. Apabila yang diaksikan ini benar, dan melanggar ketentuan, tentu akan diberikan sanksi. Tapi apabila berbalik, akan lain lagi ceritanya,” kata Rudi. (her18)

Previous Joncik Berangkatkan 40 Jamaah Umroh
Next Hujan Tiba, Warga Diimbau Waspada Jalan Rusak