Pilkades Harus Berjalan Sesuai Aturan


Foto : Heru/Pagaralam Pos
SAMPAIKAN : Kepala DPMDes Lahat, Fauzan Khoiri Denin AP MM, saat memberikan penyampaian kepada puluhan Kades, Rabu (21/8).

PAGARALAM POS, Lahat – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lahat, Fauzan Khoiri Denin AP MM menyampaikan, pemilihan kepala desa (Pilkades), yang diselenggarakan pada 31 Oktober 2019 mendatang, bakal diikuti 79 Desa dari 22 Kecamatan. Dirinya meminta Pilkades harus berjalan sesuai aturan.

“Oleh sebab itulah, disini diberikan pembekalan pelatihan Pilkades. Supaya memahami mekanisme yang ada,” jelasnya, Rabu (20/8).

Lanjutnya, menentukan baik atau tidaknya pelaksanaan Pilkades 31 Oktober 2019 mendatang. Apabila ada masalah atau konflik maka diselesaikan secara berjenjang, dimana, Kades, Ketua BPD dan panitia saling berkoordinasi. Apabila terjadi masalah, maka panitia desa, kecamatan dan kabupaten, akan menjadi fasilitator agar cepat selesai sebelum pelantikan.

“Pahami apa yang menjadi tugas, pokok dan fungsi (Tupoksi) berdasarkan aturan berlaku, pendataan, pendaftaraan, seleksi administrasi hingga masa penyelesaian masalah dan pelantikan kades terpilih,” kata Fauzan.

Selain itu, dalam pelaksanaan pilkades, jumlah calon kades minimal 2 kandidat dan maksimal 5 calon. Apabila lebih dari ketentuan, maka dilakukan sistem gugur. Lancar atau tidaknya pilkades serentak pada 31 Oktober 2019 mendatang, sepenuhnya tanggung jawab dari panitia. “Oleh sebab itulah, pembekalan yang diberikan ini harus benar-benar dipahami. Jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi selama Pilkades,” sampainya. (mg02)

Previous Pengerukan Jalan Dikeluhkan Warga
Next Pelaku Pembunuhan 11 Tusukan Dibekuk