Pilih Jalur Independen, Paslon Dijatah 2 Bulan Lagi


Penyerahan Bukti Dukungan Fotokopi KTP
PAGARALAM POS, Pagaralam – Bakal pasangan calon walikota dan wakil walikota Pagaralam yang memilih jalur independen mesti bersiap-siap. Sebabnya, tahapan penyerahan bukti dukungan berupa fotokopi kartu tanda penduduk sudah dekat. Tahapan tersebut akan dimulai dua bulan dari sekarang.




Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia nomor 1 tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal Pilkada, tahapan penyerahan syarat dukungan Balon Walikota dan Wawawako independen kepada KPU dimulai pada 5 November mendatang. Tahapan ini akan berakhir pada 9 November.




KPU kota Pagaralam pun sudah menetapkan jumlah bukti dukungan minimal yang harus dikumpulkan Balon independen di Pagaralam. Komisioner KPU kota Pagaralam divisi program dan data, Rahmat Qori Setiwan AMd mengatakan, Balon independen harus mengumpulkan bukti dukungan berupa fotokopi KTP minimal10 persen dari daftar pemilih tetap Pemilu terakhir (Pilpres 2014). “10 persen dari dari DPT terakhir itu, adalah 10.452 mata pilih,” sebut Qori, beberapa waktu lalu.




Karena itu, diakui Qori, jumlah fotokopi KTP yang harus dikumpulkan Balon independen adalah sebanyak 10.452 lembar. “Bila kurang artinya tidak memenuhi syarat,” jawab Qori jika kemungkinan ada Balon yang menyerahkan bukti dukungan di bawah yang dimintakan.




Ketua KPU Kota Pagaralam, Yenli Elmanoferi SE MSi menambahkan, nantinya KPU akan memverifikasi syarat dukungan yang dibawa oleh Balon independen. Verifikasi tersebut mencakup administrasi dan faktual.




Informasi yang dihimpun Pagaralam Pos, setidaknya ada dua Balon yang memberikan isyarat maju lewat jalur independen. Buktinya mereka gigih mengumpulkan fotokopi KTP. Keduanya adalah Ludi Oliansyah ST dan Novirzah Djazuli SE. Saat diwawancarai beberapa waktu lalu, baik Ludi maupun Novirzah enggan menyebut jumlah fotokopi KTP yang sudah berhasil dikumpulkan. Namun mereka memastikan jumlahnya sudah memenuhi syarat. “Saya tak mau menyebut jumlah,” kata Ludi ketika itu. (11/CE-V)

Previous Galuh : Mohon Maaf ke Masyarakat, Apabila Raungan Sirene Mobil Patroli Bising Hingga Ganggu Tidur Malam
Next Sambut 1 Muharram, Ribuan Senjata Pusaka Khas Besemah Dibersihkan