Petani Terkendala Modal


PAGARALAM POS, Pagaralam – Kendala petani di Pagaralam mengenai permodalan, khususnya untuk persiapan tanam jadi sorotan Pemerintah Kota Pagaralam. Hal ini diungkapkan Asisten II Sekretariat Daerah Kota Pagaralam, H Syafrani. Mengenai solusinya, mendesak pihak perbankan yang ada di Pagaralam untuk tidak mempersulit proses pengajuan pinjaman modal usaha kepada petani.




“Masih ada petani di Pagaralam yang masih kesulitan untuk modal tanam. Kita minta pihak bank, khususnya yang melayani pinjaman usaha untuk memberikan kemudahan proses pinjaman usaha semisal, kredit usaha rakyat (KUR),” katanya.




Dengan ada bantuan pinjaman modal usaha ini, paling tidak sambungnya bisa meningkatkan usaha pertanian mereka. Di Kota Pagaralam sendiri merupakan sentra pertanian baik padi ataupun sayur-sayuran tersebar diseluruh kecamatan yang ada. Bahkan, sektor pertanian merupakan utamanya pencarian bagi masyarakat Pagaralam.

Sementara, perwakilan Branch Manager Bank Mandiri, Muhammad Firmansyah,  mengatakan, pihaknya hingga saat ini sudah melayani pinjaman KUR dengan variasi besaran kredit sekitar Rp 25 juta hingga Rp.100 juta. “KUR sudah kita layani sejak 6 bulan lalu, dengan maksimal pinjaman hingga Rp100 Juta. Limit tertinggi pinjamannya bersyarat dengan agunan sertifikat tanah dan bangunan,” terangnya




Selain itu juga, KUR dengan pinjaman Rp 25 juta dilayani. Hanya saja, kata Muhammad, sudah habis untuk 2016 atau dibatasi. “KUR Rp 25 juta cukup dengan agunan sporadik  tanah hanya saja masih ada sporadik ganda,” ucapnya. (06)

 

Previous Ratusan Tenaga Medis Perpanjang Kontrak
Next Honor PTT Daerah Batal Diajukan