Petani Resah, Porbi Berantas Hama Babi


Foto: Madhon/Pagaralam Pos RUSAK SAWAH: Sejumlah petani diataran Talang Lubuhan Bandar dibuat resah, dengan serangan hama babi mengganas.
Foto: Madhon/Pagaralam Pos
RUSAK SAWAH: Sejumlah petani diataran Talang Lubuhan Bandar dibuat resah, dengan serangan hama babi mengganas.

PAGARALAM POS, Kance Diwe – Keberadaan hama bagong atau babi bagi petani sawah, menjadi momok yang sangat menakutkan, karena bukan hanya menyebabkan areal persawahan serta perkebunan rusak, tetapi juga mempengaruh hasil panen.

Mengatasi hama babi mengganas, gabungan anggota Persatuan Pemburu Babi (Porbi) Kecamatan Dempo Selatan melakukan aksi perburuan hama babi, dengan mengitari areal persawahan di Talang Labuhan Bandar, Kelurahan Kance Diwe, Kecamatan Dempo Selatan, Minggu (30/10).




Ketua Porbi Kecamatan Dempo Selatan Sairin mengatakan, persoalan hama babi di wilayah ataran sawah Talang Lubuhan Bandar, sudah sangat meresahkan para petani sawah, karena banyak lahan pertanian rusak.

“Hama babi meresahkan sekali, kami pun cukup kewalahan mengatasinya, meski sudah kerapkali dilakukan upaya pemberantasan, tapi karena menggunakan cara manual dan mengandalkan peniciuman hewan peliharaan, hama babi sulit untuk teratasi,” ujar Sairin.




Mencegah serangan hama babi ini, kata Sairin, pihaknya bersama anggota Porbi melakukan perburuan babi secara bersama, untuk menekan serangan dan kerusakan lahan pertanian serta perkebunan bertambah parah.

“Minimal lewat upaya yang kita lakukan, dapat mencegah kerusakan lahan pertanian, yang disebabkan oleh serangan hama babi, kita pun berterima kasih kepada Ir Gunawan MT, yang telah memberikan bantuan 100 lapon atau jerat babi, sehingga penangan masalah hama babi bisa teratasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Sukur petani sawah Dusun Lubuhan Bandar yang ikut aksi peburuan hama babi mengaku, selain merusak lahan sawah petani, hama bagong pun menjadi masalah serius.




“Banyak padi yang tidak bisa kita panen, sebab tanaman padi sudah dirusak oleh serangan hama babi, disamping itu hama babi ini juga ada yang membuat sarang di areal sawah,” ungkapnya. (09)

#baca berita selengkapnya…….terbit 31 Oktober 2016#

Previous Tumbuhkan Minat dan Budaya Baca
Next Tertangkap Basah, Pencuri Uang Rp 35 Juta Nyaris Dimasa