Petani Minta Kebutuhan Pupuk Terjamin


Foto: Gusti/Pagaralam Pos Pupuk: Memasuki musim tanam, petani mulai melakukan penanaman benih padi.
Foto: Gusti/Pagaralam Pos
Pupuk: Memasuki musim tanam, petani mulai melakukan penanaman benih padi.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Sejumlah petani di Kota Pagaralam meminta agar pihak terkait, dalam hal ini Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura dan Distributor, menjamin keberadaan pupuk di Kota Pagaralam. Dengan kata lain, kedepan tidak akan terjadi lagi kelangkaan pupuk di pasaran. Pasalnya, mafia pupuk sudah terungkap.

Leo (31), petani Muara Siban menyinggung, kedepan kebutuhan pupuk di Kota Pagaralam harus terjamin. Jika petani membutuhkan pupuk harus ada dan tidak terjadi kelangkaan di pasaran. Sebab selama ini, oleh oknum-oknum tertentu menyebabkan distribusi pupuk khususnya bersubsidi, banyak tidak sampai ke petani lantaran dijual tidak tahu ke mana.

Agar hasil pertanian maksimal, sudah tentu kebutuhan pupuk harus cukup dan tidak mengalami kekurangan saat dibutuhkan di musim tanam. Terlebih pupuk bersubsidi, jika di lapangan langka tentunya membeli non subsidi sangat memberatkan petani. “Namun jika mendesak, mau tidak mau petani harus beli dengan harga mahal (pupuk non subsidi),” katanya seraya mengatakan, kepada pihak terkait untuk pengawasannya tentu diperketat lagi di lapangan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pertanian Kota Pagaralam, Jumaldi Jani SP, melalui Kabid PLA dan Sarana dan Prasarana, Erizon Ghandi SP mengatakan, mengenai pengawasan masih terus dilakukan dengan optimal dan dilakukan kroscek melalui penyuluh, setiap permintaan pupuk melalui rencana defenitif kebutuhan kelompok (RDKK) yang diajukan kelompok tani. (06/CE-V)

Previous Usulan Pagar Permanen Belum Direspon
Next Pengguna Jalan ‘Ngeluh’, Lalin Selalu Macet