Petani Miliki Kartu Tani


Foto : ist SALURKAN : Kartu tani siap dibagikan kepada petani di Kota Pagaralam.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Setelah melewati proses panjang, akhirnya petani di Kota Pagaralam bisa miliki kartu tani. Sebelumnya, program dari Kementerian Pertanian sistem ini untuk memudahkan penyaluran pupuk bersubsidi melalui aplikasi elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK). “Tidak hanya memudahkan penyalurannnya, juga memudahkan dalam pengawasannnya,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kota Pagaralam, Gunsono Mekson SE MM melalui Sekdis, Ade Dwi Darmayanti SP, kemarin.
Ditambahkan Kasi Pupuk dan Alsintan, Feri Erwansyah SP, bantuan ini juga memudahkan penyaluran program bantuan pemerintah. Sebab, mereka sudah terdaftar. “Di tahun 2020 yang siap menerima kartu tani atau sudah di entry oleh tim admin kecamatan sebanyak 4.909 NIK (petani, red) dan sampai detik ini yang sudah ter entry sebanyak 3.858 NIK dan mudah-mudahan dalam kurun waktu 1 bulan lagi bisa tercapai,” bebernya.
Mengenai teknis penebusan pupuk subsidi dengan kartu tani lanjutnya, petani bisa mendatangi pengecer resmi pupuk subsidi yang mana transaksi menggunakan kartu tani ini dilayani dengan alat transksi EDC. Lanjut Feri, dengan penerapan kartu tani ini untuk penebusan pupuk subsidi sebagai langkah pengawasan agar pupuk bisa disalurkan dengan tepat sasaran. “Hanya petani pemegang kartu tani yang bisa mendapkan pupuk subsidi,” kata dia.
Bagaimana dengan petani yang belum memilik kartu tani? Jawab Fery, secepatnya akan diproses. Jumlah kartu tani ini tahap awal semoga dalam waktu dekat bisa disalurkan lagi. “Soalnya, sesuai arahan Kementan tahun depan (2021, red) penebusan pupuk sudah melalui e-RDKK atau menggunakan kartu tani,” katanya. (Atg06)

Previous Wako : Jangan Lagi Ada Penolakan Pasien
Next Wako Lobi Gubernur Sumsel