Petani Bukit Langkap Mulai Bercocok Tanam


Foto : Vilkodri/Pagaralam Pos
GARAP SAWAH : Tampak petani di Desa Bukit Langkap ketika menggarap lahan sawahnya, untuk bercocok tanam

PAGARALAM POS, Muratara – Memasuki musim penghujan saat ini, petani di Desa Bukit Langkap, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), mulai menggarap lahan sawahnya untuk bercocok tanam.

Hal itu dilakukan petani, lantaran melihat curah hujan sudah normal, sudah waktunya bagi petani menggarap lahan sawah untuk bertanam padi. “Kami hanya menggunakan ilmu kebiasaan kalau di musim penghujan mulai garap lahan,” kata petani Rusdi (34) warga setempat.

Hal serupa disampaikan Asrul (35), juga kelompok tani setempat, karena hujan telah normal, setiap petani di desa bukit langkap rata-rata sudah mulai bercocok tanam padi di sawah, namun demikian untuk mengandalkan irigasi yang ada belum sepenuhnya normal. “Untuk bercocok tanam, warga tetap melihat bulan dan cuaca, guna ketersediaan air dilahan sawah. Karena air dari irigasi yang ada belum sepenuhnya normal,” kata Asrul.



Untuk itu, pihaknya kembali berharap kepada Pemda Muratara melalui Dinas Pertanian, agar kembali membangun aliran irigasi yang ada di Desa Bukit Langkap, untuk pasokan air ke lahan persawahan. “Ketersediaan air melalui irigasi yang dibangun belum bisa dikatakan normal. Sebab, musim kemarau kemarin warga tidak dapat menggarap lahan. Seharusnya tanam tumbuh padi ini telah dilakukan pada bulan Agustus 2019 lalu,” jelasnya.

Pantauan dilapangan, petani di Desa Bukit Langkap sudah lebih 60 persen telah melakukan tanam tumbuh padi sawah. Bahkan saat ini, di kampung 6 juga sudah terlihat petani mengejar waktu melakukan tanam tumbuh. “Bahkan dalam 1 hari, lebih 2 hamparan (dua bidang, red), sawah ditanam tumbuh padi dengan cara gotong royong,” tutupnya. (Vil23)

Previous Grab Berikan Asuransi untuk Penumpang dan Pengemudi
Next Nasib Guru Honorer Tergantung Pusat