Pertaruhkan Nyawa Angkut Hasil Panen


PAGARALAM POS, Pagaralam – Ratusan petani dari 14 Dusun yang berkebun kopi dan sahang di wilayah Talang Padang Alai, Dusun Talang Sawah Jangga, Kelurahan Padang Temu, Kecamatan Dempo Tengah, bahu-membahu memperbaiki jalan perkebunan.

Diungkapkan Umar (50), petani di Dusun Sandar Angin, kondisi jalan turunan dan tebing, sangat sulit dan membahayakan saat mengangkut hasil pertanian. Perbaikan akses jalan sepanjang 6 kilometer dan lebar 8 meter ini hasil swadaya petani. Namun, perbaikan ini belum maksimal untuk dilalui,” ungkapnya

Senada dikatakan Yanto (40), warga Dusun Jangga, Akses perkebunan yang baik sangat dibutuhkan petani. Jika hujan dengan intensitas tinggi, jalanan menjadi becek dan berlumpur. “Kami tidak dapat mengangkut hasil panen, jika musim hujan. Bila dipaksakan, taruhannya adalah nyawa. Diharapkan Pemkot Pagaralam melalui pihak terkait bisa memperhatikan kondisi ini,” pintanya.

Sementara itu, Ketua RW 05 Dusun Talang Sawah Jangga, Erlan mengatakan, ratusan petani yang berkebun di daerah ini berasal dari Dusun Muara Siban, Dusun Gunung Mesir, Dusun Sandar Angin, Dusun Tanjung Pasai, Dusun Jangga, Dusun Kerta Dewa, Dusun Talang Sawah, Dusun Cawang Baru, Dusun Keban Agung, Dusun Bumi Agung, dan beberapa dusun lainnya. (09/CE-V)

Previous Tekan Angka 3, Reskrim Datang ke TKP
Next Rumah Cikwan Rata dengan Tanah