Permintaan AK-1 Meningkat Tajam


Foto: Madhon/Pagaralam Pos BUAT AK-1: Pencaker yang ingin bekerja keluar Pagaralam, membuat kartu AK-1 atau kartu kuning, yang digunakan sebagai syarat melamar pekerjaan di Kantor Dinsos Kota Pagaralam.
Foto: Madhon/Pagaralam Pos
BUAT AK-1: Pencaker yang ingin bekerja keluar Pagaralam, membuat kartu AK-1 atau kartu kuning, yang digunakan sebagai syarat melamar pekerjaan di Kantor Dinsos Kota Pagaralam.

PAGARALAM POS, Reba Tinggi – Jumlah permintaan pembuatan Kartu Kuning (AK-1) di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Pagaralam terus meningkat. Pasalnya, pasca libur lebaran Idul Fitri 1437 H Pencari Kerja (Pencaker) mulai ramai melakukan pembuatan AK-1, sebagai syarat untuk mencari kerja.

Kadinsosnaker Kota Pagaralam, H Sukman SH, didampingi Kabid PPTK, John Hasman, melalui Kasi Informasi Pasar Kerja, Nurbaiti Amidin mengakui terjadi peningkatan pembuatan AK-1 pasca lebaran Idul Fitri 1437 H. Dalam seharinya permintaan AK-1 mencapai 8 – 11 lembar per harinya jika dibandingkan dengan hari biasanya.

“Ada peningkatan cukup tajam untuk pembuatan AK-1 pasca lebaran 2016 ini. Karena banyak pelajar yang telah tamat sekolah hendak mencari kerja. Pun dengan Pencaker yang ingin merantau keluar daerah Pagaralam yang berkeinginan mencari penghidupan di kota lain, dengan melamar pekerjaan di perusahaan atau pabrik,” ujar Baiti.

Baiti melanjutkan, bagi masyarakat yang hendak membuat AK-1 ini wajib melengkapi berbagai persyaratan yang telah ditetapkan, yakni dengan membawa fotocopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) 1 lembar, fotocopi ijazah terakhir 1 lembar, pas foto 3×4 sebanyak 2 lembar, pas foto 2×3 sebanyak 1 lembar dan map biasa 1 lembar.

Sementara, Rita (28), seorang Pencaker hendak membuat AK-1 mengaku jika dirinya membuat AK-1 ini untuk keperluan melamar pekerjaan di luar Kota Pagaralam. “Niatnya ingin melamar pekerjaan di pabrik. Jadi setelah AK-1 selesai dibuat, maka surat lamaran pekerjaan baru bisa dikirim, karena salahsatu isi persyaratan pekerjaan itu harus melampirkan AK-1,” tandasnya. (09/CE-V)

#baca berita selanjutnya….terbit tgl 26 juli 2016#

Previous Transaksi ‘Sabu Entong’ Tembus Rp 9 Miliar
Next Siap Bersaing di KSM Tingkat Provinsi