Perjuangan Belum Selesai


Foto: Agung/Pagaralam Pos HUT KEMERDEKAAN: Sidang paripurna dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Jokowi, di gedung DPRD Pagaralam kemarin.

PAGARALAM POS, Pagaralam– Indonesia memang sudah bebas merdeka dari penjajahan bangsa asing. Meskipun begitu, kata Ketua Fraksi PKS DPRD Pagaralam, bukan berarti perjuangan sudah selesai. Sebab, hakikat dari kemerdekaan adalah terwujudnya keadilan dan kesejahteraan. Sementara saat ini diakuinya, masih ada masyarakat yang belum mendapatkan keadilan dan kesejahteraan. “Selama itu (keadilan dan kesejahteraan) masih ada (belum terwujud), maka kemerdekaan yang sesungguhnya masih harus terus diperjuangkan,”ujarnya, saat dihubungi Pagaralam Pos kemarin (14/8).

Lebih lanjut Fikri mengatakan, kemerdekaan berarti keadilan dari para pemimpin ketika mengeluarkan kebijakan yang membawa kesejahteraan bagi semua. Maka lanjut dia, peringatan kemerdekaan RI yang ke 75 adalah momentum terbaik. Terutama bagi seluruh anak bangsa untuk berkontemplasi sudah sejauh mana perjalanan bangsa ini dalam mensejahterakan masyarakatnya.

Fikri menambahkan, memperjuangkan kesejahteraan masyarakat bukan hanya dari tugas dari pemimpin. Tapi juga merupakan tugas dari wakil rakyat di parlemen. Sebabnya wakil rakyat-seperti di DPRD- memiliki kekuasaan, dan kebijakan. Ini diwujudkan, sebut Fikri, adanya fungsi budgeting (anggaran), legislasi (membuat peraturan dan perundangan), dan controlling (mengawasi). “Ketiga fungsi ini adalah bagian dari kekuasaan itu sendiri. Makanya parlemen memiliki andil yang besar walaupun dalam tataran eksekutornya bukan wilayahnya lagi,”tuturnya.

Pada 17 Agustus nanti, bangsa Indonesia memperingati memeringati hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan yang ke-75. Di tengah pandemi Covid-19, HUT RI ini tetap diperingati. Seperti kemarin misalnya, DPRD Pagaralam menggelar sidang paripurna dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan dari Presiden Jokowi. Pidato kenegaraan ini sendiri biasa digelar jelang peringatan HUT kemerdekaan RI. (pid11)

Previous 48 Hasil Swab Negatif, Sebagian Masih Proses
Next Konsen di Batik, Berpartisipasi dalam Pembangunan Pagaralam