Peringati HSPN 2019, Satu SSK Brimob Turun ke Jalan


PAGARALAM POS, Lubuklinggau – Satu SSK (Satuan Setingkat Kompi) Brimob dari Batalyon B Pelopor Sumsel, beberapa hari lalu, turun ke jalan membersihkan parit di sepanjang jalan Jendral Sudirman Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II.




Sebanyak 65 personel dibawah pimpinan Danki I, Iptu Anton Wijaya ini mengenakan pakaian dinas lengkap dengan baret biru di kepala, tampak semangat membersihkan parit walaupun di bawah guyuran hujan.




Komandan Batalyon (Danyon) B Pelopor Kompol Eko Sumaryanto mengatakan, peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), merupakan upaya mengingat apa yang kita perbuat terhadap lingkungan. Selain itu juga, untuk mengingatkan agar kita bijak dalam pengelolaan sampah dan limbah rumah tangga. “Lindungi bumi dari pencemaran sampah dan limbah,” kata Kompol Eko Sumaryanto.




Lebih lanjut disampaikan, dalam memperingati HPSN ini, salah satu untuk mengenang tragedi kejadian di TPA Leuwigajah Jawa Barat pada tanggal 21 Februari 2005 dimana pada saat itu tumpukkan sampah di TPA Leuwigajah ambruk akibat guyuran hujan sehingga sampah menggelinding sejauh hampir 1 kilometer dan mengakibatkan hampir 150 jiwa melayang dan puluhan rumah rusak berat.




Guna mewujudkan bebas sampah, Polri, Stakeholder serta masyarakat berkewajiban untuk menggalakkan program hidup bersih sebagaimana tema HPSN 2019 yakni “Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai”.
“Kiranya niat tulus dan kerja keras kita dalam mengelola sampah di wilayah Lubuklinggau senantiasa diberikan kemudahan dan kekuatan oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa,” harap Kompol Eko Sumaryanto.




Untuk memperingati HPSN itulah Batalyon B Pelopor Polda Sumsel bergotong royong membersihkan parit di Kelurahan Ulak Surung. Pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat khususnya Kelurahan Ulak Surung.”Kami telah melakukan koordinasi dengan sukandar sebagai Lurah Ulak Surung. Kami melaksanakan gotong royong mulai dari jembatan Pertamina sampai ke Gapura Pasar Bukit Sulap tepatnya RT 05 dan 06,” terangnya. (mg03)

Previous Pasal Ngerumpi, “Emak-emak” Adu Fisik
Next Yulius Pastikan September GI Beroperasi