Periksa Kesiapan PAM Natal dan Tahun Baru


PAGARALAM POS, Pagaralam – Menghadapi perayaan Natal dan tahun baru, Polres Pagaralam, TNI, beserta satker terkait melakukan persiapan matang. Kemarin (20/12), sekitar pukul 08.00 WIB, di halaman Mapolres Pagaralam digelar apel pasukan Operasi Lilin 2013.

Apel ini untuk memeriksa kesiapan personil gabungan yang diterjunkan juga sarana pendukung, seperti sarana mobilitas dalam memonitor situasi selama pengamanan yang berlangsung selama 10 hari, mulai tanggal 23 Desember 2013 hingga 1 Januari 2014 mendatang.

Kapolres Pagaralam AKBP Saut P. Sinaga yang memimpin gelar pasukan mengatakan, perayaan Natal dan tahun baru merupakan momentum penting setiap akhir tahun, yang selalu diikuti dengan meningkatnya dinamika situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). “Perlunya upaya dan langkah pengamanan secara komprehensif dari aparat (Polri dan TNI, red) juga didukung komponen masyarakat, agar kegiatannya berjalan dengan aman dan lancar,” ujarnya saat membacakan amanat Kapolri.

Ditambahkannya, diprediksi meningkatnya mobilitas dan intensitas kegiatan masyarakat menjelang perayaan Natal dan tahun baru. Kondisi ini tidak menutup kemungkinan potensi gangguan dan kerawanan terhadap kamtibmas.  “Potensi gangguan ini akibat meningkatnya mobilitas dan intensitas kegiatan masyarakat di tempat umum, seperti di jalan raya, pusat perbelanjaan dan pasar, tempat pariwisita, ataupun tempat-tempat hiburan yang ada,” terangnya.

Sementara itu, Walikota Pagaralam dr. Hj. Ida Fitriati Mkes yang berkesempatan hadir didampingi Ketua DPRD Kota Pagaralam Ruslan Abdul Gani SE, Perwira Penghubung Kodim 0405 Lahat Mayor Inf. Heribertus, melakukan pemeriksaan kesiapan personil dan sarana pendukung untuk PAM selama perayaan Natal dan tahun baru, yakni kendaraan patroli roda empat dan dua, baik dari Polri dan satker yang terlibat.

Ida mengharapkan, dengan kinerja personil pengamanan bisa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Tidak kalah penting, di lapangan petugas bisa bertindak tegas namun santun dan humanis dalam menangani pelanggaran yang ada. “Tidak kalah penting, terciptanya kenyaman bagi umat Nasrani menjalankan ibadahnya. Pun mereka yang merayakan tahun baru bisa nyaman dengan kondisi lingkungan yang kondusif tanpa adanya gangguan,” katanya.

Ditambahkan Kabag Ops Kompol Muzir Cika, didampingi Kasubag Humas Iptu JK Nababan, untuk kesiapan personil sedikitnya 120 personil dari jajaran Polres Pagaralam dibantu 15 personil TNI, 23 personil Pramuka, 30 personil Dishubkominfo, 30 personil Sat Pol PP, 20 personil medis kesehatan, 6 personil PBK 6, ORARI dan Senkom masing-masing 5 personil, 4 personil guide (pemandu wisata). “Mereka siaga di Pos PAM yang kita sebar di lima titik rawan kriminal, kecelakaan dan kemacetan. Diantaranya di kawasan Indikat, Liku Lematang, Simpang Manak, Pasar Dempo, kawasan wisata Gunung Dempo yang dimonitor langsung di Pos Induk Mapolres Pagaralam,” pungkasnya. (06/CE-V)

Previous Jalan Pertanian Fokus Utama 2014
Next Belasan Guru Honor SLB Mogok Ngajar