Perhatian Diwujudkan Dengan Politik Anggaran


PAGARALAM POS, Pagaralam – Ketua Umum Tenaga Pembangunan (TP) Sriwijaya, Komjen Pol (Purn) Susno Duadji menyatakan, ilmu pengetahuan sangatlah penting. Karena itu ia yakin Pemerintah di seluruh dunia pasti konsen memperhatikan bidang pendidikan.




Menurut Susno, bentuk perhatian pemerintah terhadap bidang pendidikan diwujudkan dengan dengan politik anggaran. Pemerintah katanya, memberikan anggaran yang cukup besar untuk bidang pendidikan. Ia lantas mencontohkan Pemerintah Indonesia yang bahkan mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari APBN.




“Hal ini dilakukan karena Pemerintah menyadarai betapa pentingnya memajukan dunia pendidikan,” terang Susno, seperti dikutip Pagaralam Pos dari grup Silaturrahmi Wartawan, kemarin (3/3).




Dana sebesar itu papar dia, dianggarkan untuk segala hal yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Di antaranya disebutkannya, untuk pembangunan,pemeliharaan sarana dan prasarana, gedung sekolah, laboratorium, dan perpustakaan. Selanjutnya untuk kegiatan belajar dan mengajar ataupun operasional pendidikan. Anggaran itu juga dapat dialokasikan untuk riset dan pengembangan,pengangkatan tenaga pendidik seperti guru, dosen, dan tenaga administrasi. “Gaji dan honor termasuk juga di dalamnya,” sambung Susno.




Harusnya tambah Susno, dengan dukungan anggaran yang sedemikian besar sebagian permasalahan dunia pendidikan di Indonesia dapat diselesaikan. Mutu pendidikan minimal sederajat dengan negara kawasan. Namun ungkap dia, berbagai keluhan di bidang dunia pendidikan masih sering terdengar. Dua di antaranya masalah itu kata dia, adalah status guru honorer yang sudah mengabdi selama belasan tahun tapi belum diangkat PNS dan pembayaran dana sertifikasi yang tertunda.




Karena itu, Susno berharap semua permasalahan ini menjadi perhatian serius dari Pemerintah, khususnya Pemerintah Daerah. Sebab pendidikan berperan besar untuk menghasilkan generasi muda yang mempunyai kualitas moral, mental, dan intelektual. (11/CE-V)

Previous Warga Ngadu Lampu Jalan
Next Pilgub dan Pilwako Bareng