Per Triwulan Setiap KPM Terima Rp500 Ribu


Foto: Madhon/Pagaralam Pos
SALURKAN KPM: Salah seorang warga di Kecamatan Dempo Selatan, menerima kartu KKS dan buku tabungan, dalam kegiatan penyaluran bantuan sosial non tunai, yang diseragkan langsung oleh Walikota Pagaralam Ida Fitriati, kemarin.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Walikota Pagaralam dr Hj Ida Fitriati MKes membuka secara resmi launching penyaluran bantuan sosial non tunai, yakni Program Keluarga Harapan (PKH) Bank BRI Kanca Pagaralam, sekaligus sosialisasi penggunaan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sebagai kartu penerima bantuan non tunai, bertempat di aula Kantor Kecamatan Dempo Selatan, Senin (24/7).




“Penggunaan KKS dan Kube jasa e-Warung, sama seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan ini harus disimpan secara baik-baik, untuk pengambilan boleh langsung ke Bank BRI atau di ATM, begitu juga setiap Rabu di Pasar Kalangan Lubuk Buntak, KPM pemilik kartu bisa menarik di mobil BRIling,” terang Ida, dihadapan ratusan masyarakat Dempo Selatan, kemarin.




Khusus PKH ini, diterangkan Ida, setiap tiga bulan sekali, pemerintah pusat memasukan dana ke tabungan KPM pemegang kartu, berupa uang non tunai sebesar Rp500 ribu, pada tri wulan ke empat dikeluarkan Rp398 ribu. “Jadi tiga bulan pertama, kedua dan ketiga, KPM mendapatkan uang non tunai Rp500 ribu, pada tiga bulan ke-empat hanya mendapatkan Rp398 ribu,” jelasnya.




Kepala Dinsos Kota Pagaralam H Sukman SE MM mengatakan, bahwa tujuan PKH ini, untuk meningkatkan taraf hidup keluarga, melalui akses layanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial, sedangkan program elektronik warung (e-Warung) untuk menyalurkan bantuan non tunai, kepada masyarakat miskin serta memberi peluang, untuk usaha bagi para kelompok usaha miskin.




“Launching PKH dan program Kube jasa e-Warung, sekaligus penyerahan buku tabungan BI, kepada masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dilaksanakan di masing-masing kecamatan,” terang Sukman.
Dijelaskan Sukman, jadwal launching bantuan PKH tahap I dan program Kube jasa e-Warung, dimulai Senin (24/7) di wilayah Kecamatan Dempo Selatan dengan jumlah 398 KPM, Selasa (25/7) di Kecamatan Dempo Tengah jumlah 352 KPM, Rabu (26/7) di Kecamatan Dempo Utara jumlah 543 KPM, Kamis (27/7) di Kecamatan Pagaralam Selatan jumlah 437 KPM dan Jum’at (28/7) di Kecamatan Pagaralam Utara jumlah 542 KPM, sehingga total keseluruhan ada 2.272 KPM.




“Adapun bantuan PKH tahun 2017 di Pagaralam berjumlah Rp1.136.000.000 dengan jumlah 2.272 KPM. Rincian penyaluran KPM di Dempo Selatan Rp99 juta, Kecamatan Dempo Tengah Rp175 juta, Kecamatan Dempo Utara Rp271.500 juta, Kecamatan Pagaralam Selatan Rp218.500 juta dan Kecamatan Pagaralam Utara Rp271 juta,” jelasnya. (09)

Previous Bapenda Sumsel Jalin Mou Dengan BP Batam
Next M Ikwan Juara I Sport TU 155cc Open, Ludi : Kita Pantas Bangga