Pengrajin Terganjal Peralatan dan Pemasaran


Foto : gusti/Pagaralam Pos BUAT SOUVENIR : Pengrajin di Kota Pagaralam dilatih pembuatan souvenir yang digelar Dinas Pariwisata belum lama ini.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Produk kerajinan yang dihasilkan pengrajin di Kota Pagaralam cukup beragam, mulai dari bentuk souvenir, miniatur, anyaman hingga kerajinan patung. Hanya saja, dari curhatan beberapa pengrajin lokal, mereka masih terganjal dengan pemasaran produknya. Juga peralatan kerajinan yang dinilai masih sederhana.
Seperti yang dituturkan Bujang, pria paruh baya mengaku pemasaran menjadi tantangan untuk mendapat untung atas produk seni yang mereka hasilkan. “Sekarang masih mengandalkan penjualan online melalui akun medsos kami. Itupun kuantitasnya terbatas,” ujar pria yang memproduksi souvenir khas Pagaralam dan kerajinan akar bambu ini.
Mengenai peralatan juga diakuinya masih sederhana. Seperti masih menggunakan pisau, parang dan pahat. Untuk kerajinan ukir yang juga dibuat, bisa menggunakan mesin bor atau mesin bubut. “Kami tidak punya peralatan mesin, kerajinan masih kami buat dengan alat sederhana,” ungkapnya.
Senada ditambahkan Yayan, salahsatu pengrajin pembuat miniatur rumah Baghi. Soal pemasaran produknya masih sebatas pesanan. “Jika ada pesanan baru kita buat. Seperti belum lama ini pesanan rumah baghi dibuat untuk cinderamata yang dipesan oleh orang dinas,” pungkasnya. (Atg06)

Previous Jika Reaktif, Petugas Diganti
Next Produk Kadaluarsa Masih Beredar