Pengelolaan Sampah di TPA Belum Maksimal


Foto : Adi/Pagaralam Pos
TINJAU : Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Empat Lawang, Irtansi didampingi Sekretaris DLH Dading Purwadi meninjau lokasi TPA Jalan Poros

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Jalan Poros Empat Lawang, belum maksimal. Bahkan selama ini, pembuangan sampah di TPA yang dikelola Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang tersebut terkesan asal buang, hingga sampah sempat meluber dan berhamburan ke mana-mana.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Empat Lawang, Irtansi didampingi Sekretaris DLH Kabupaten Empat Lawang, Dading Purwadi mengatakan, kedepan pihaknya akan serius mengelola sampah di TPA jalan poros Empat Lawang, sehingga kesan kumuh yang melekat di TPA akan hilang, berganti menjadi lokasi yang pantas untuk dikunjungi wisatawan. “Kita akan jadikan TPA ini menjadi lokasi yang layak dikunjungi karena pengelolaan dan penataan di lokasi TPA ini akan dilakukan dengan baik, sehingga menjadi lokasi objek wisata,” kata Irtansi.



Untuk tahap awal ini kata Irtansi, pihaknya terlebih dahulu meratakan dan merapikan hasil buangan sampah dari dump truk pengangkut sampah, sehingga tidak lagi menumpuk atau menggunung di satu tempat. “Jadi, selama ini saya lihat sampah dibiarkan menumpuk, tidak diratakan. Dalam arti kata, hanya dibuang saja tidak dikelola, sehingga berhamburan,” imbuhnya.

Padahal lanjut dia, konsep dibangunnya TPA ini dahulu, tidak hanya untuk mengatasi persoalan sampah, namum sampah dapat dimanfaatkan dari hasil penggelolaannya seperti bio gas dan sebagainya, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat. “Sampah yang dibuang di sini dikelola dengan baik, yang dapat didaur ulang dipilah dan yang tidak dapat tentu dikelola menjadi bio gas,” ujarnya.

Kedepan kata Irtansi, di sekitar lokasi TPA ini, akan dibangun taman. Rencana pihaknya, pembangunan taman akan melibatkan peran serta pihak swasta yang menjalankan usahanya di Kabupaten Empat Lawang. “Jadi konsep saya, pembangunan taman di sekitar lokasi TPA ini tidak menggunakan APBD/APBN. Tapi mengajak pihak swasta berperanserta menjadikan TPA ini menjadi indah,” jelasnya. (Ac07)

Previous Peserta CPNS Jangan Percaya Dukun
Next Target Semua Bidang Tanah Warga Tersertifikasi