Penerima BLT Lubuk Gelanggang Hanya 79 KK


Foto: Adi/Pagaralam Pos
SERAHKAN: Kepala Desa ketika menyerahkan bantuan BLT kepada masyarakat Desa Lubuk Gelanggang.

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Desa Lubuk Gelanggang kecamatan Tebing Tinggi, merealisasikan Bantuan Tunai Langsung (BLT) yang bersumber dari Dana Desa, tahun anggaran 2020 kepada masyarakatnya. BLT tersebut berupa uang tunai sebesar Rp600 ribu, dan pada tahap pertama telah diserahkan oleh Kepala Desa kepada warganya.

Kepala Desa Lubuk Gelanggang, Darmizi menyampaikan, bantuan tunai Rp600 ribu akan diberikan secara bertahap selama tiga bulan, yaitu bulan April, Mei dan Juni. Bantuan yang diserahkan kali ini adalah bantuan tahap satu, yang seharusnya diserahkan pada April kemarin, namun mengingat administrasi dan lainnnya belum selesai, maka diserahkan di bulan Mei.

Disampaikannya, untuk tahap kedua bulan Mei, akan diserahkan menjelang lebaran Idul Fitri 1441 H nanti, dan tahap ketiga akan diserahkan lagi uang sebesar Rp600 sekitar awal Juni 2020 yang akan datang.

Darmizi mengimbau kepada masyarakat Lubuk Gelanggang yang tidak menerima BLT ini jangan merasa iri. Karena masyarakat yang tidak menerima BLT ini sudah ada bantuan yang lain, yaitu PKH, BPNT atau bantuan Misbar. Masing-masing penerima bantuan tidak boleh tumpang tindih, atau dengan kata lain tidak ada masyarakat yang menerima lebih dari satu jenis bantuan pemerintah tersebut.

Dijelaskannya, di Desa Lubuk Gelanggang ada total 196 KK, sedangkan penerima BLT Desa dari total 196 KK tersebut hanya 79 KK. “Desa kami ada 196 KK. Setelah diseleksi oleh relawan Covid-19 Desa, ternyata yang memenuhi syarat penerima BLT hanya 79 KK saja. Selebihnya mereka sudah mendapat bantuan yang lain seperti bantuan PKH, BPNT dan Misbar,” jelas Darmizi.

Dikatakannya, ada wacana agar bantuan ini akan diserahkan sekaligus langsung tiga tahap, yaitu sebesar Rp1,8 juta, tapi bila hal itu dilakukan, muncul kekhawatiran, tujuan BLT ini tidak tercapai, karena bisa saja masyarakat membeli barang lain berupa HP atau yang lainnya. “Karena itu agar BLT ini tepat tujuan yaitu membeli Sembako, maka kita serahkan secara bertahap,” pungkasnya. (Ac07/CE-V)

Previous Pemkab Salurkan APD Untuk Mahasiswa Relawan Covid-19
Next 10 Korban Banjir Terima Kunci Rumah Baru