Pendonor Sumbang 20 Kantung Darah


Foto: Madhon/Pagaralam Pos BANTUAN: Di sela kunjungan kerja, Hj Eliza Alex Noerdin memberikan bantuan makanan tambahan dan bibit tanaman secara simbolis kepada TP PKK Pagaralam, Monica Meirizca.
Foto: Madhon/Pagaralam Pos BANTUAN: Di sela kunjungan kerja, Hj Eliza Alex Noerdin memberikan bantuan makanan tambahan dan bibit tanaman secara simbolis kepada TP PKK Pagaralam, Monica Meirizca.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Bersamaan dengan peringatan hari kesehatan nasional (HKN) ke-51, Pemkot Pagaralam melalui Dinas Kesehatan Kota Pagaralam menggelar bakti sosial dengan menggelar donor darah. Aksi peduli sumbang darah tersebut sekaligus helatan kunjungan kerja ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumsel, Hj. Eliza Alex Noerdin.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pagaralam, Drs. Rohan YM MKes mengatakan, adapun bakti sosial donor darah tak lain sebagai bentuk kepedulian bagi masyarakat, khususnya yang memerlukan darah. Pada kesempatan itu juga melibatkan instansi terkait, seperti TP PKK Kota Pagaralam, ITD RSUD Besemah, BPJS, dan Badan KB dan PKP Kota Pagaralam. Pantauan di lokasi Baksos, peserta sebelum melakukan donor juga dilakukan pemeriksaan oleh petugas kesehatan.

Sementara, Imran salahsatu peserta donor mengatakan, kegiatan ini sangat baik karena bisa berguna untuk orang yang membutuhkan donor darah. “Tetapi tidak semua orang bisa mendonorkan darahnya, di mana bagi para pendonor wajib melakukan tes kesehatan terlebih dahulu,” ulasnya.

Ditambahkan Fera, Petugas Instalasi Tranfusi Darah (ITD) RSUD Besemah mengatakan, dari puluhan peserta donor darah yang peduli sosial ini terhimpun 20 kantung darah. “Kantung darah dari Baksos kita simpan di bank darah ITD RSUD Besemah, nantinya dibagikan kepada mereka khususnya pasien rumahsakit yang membutuhkan,” jelasnya seraya mengatakan, darah yang disimpan adalah yang sudah dilakukan pemeriksaan dan layak untuk disumbangkan kepada yang membutuhkan. (06/CE-V)

Previous Satu RT Masih ‘Terisolir’
Next Wako DL, PNS Berkeliaran di Jam Kerja