Pemkab Muratara Salurkan Bantuan ke Mahasiswa


Foto : Vilkodri/Pagaralam Pos
BANTUAN : Suasana penyaluran bantuan dari Pemkab Muratara kepada Mahasiswa dan Bansos sembako tahap ke dua secara simbolis

*Dan Bansos Sembako Tahap Kedua
PAGARALAM POS, Muratara
– Dalam rangka membantu meringankan beban perekonomian masyarakat yang terdampak dari penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) atau Virus Corona. Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), salurkan Bantuan Sosial (Bansos) tahap Kedua dan bantuan Mahasiswa.

Penyerahan bantuan itu dilakukan secara simbolis oleh Bupati Muratara HM Syarif Hidayat, turut didampingi Dandim 0406 dan Kapolres Muratara. Ada sebanyak 1.966 Mahasiwa yang menerima bantuan, dan 25.441 Kepala Keluarga (KK) yang menerima manfaat Bansos tahap Kedua.

Bupati Muratara HM Syarif Hidayat mengatakan, terkait bantuan untuk Mahasiswa pihaknya (Pemerintah Kabupaten Muratara, red), telah menambahkan alokasi anggaran, sehingga besaran dana yang diterima oleh masing-masing mahasiswa cukup pantas dan memadai, yaitu sebesar Rp. 750.000 / mahasiswa.”Penyaluran ini dilakukan melalui rekening mahasiswa yang telah diverifikasi dinyatakan valid, serta telah menyampaikan Surat Permohonan (berlaku untuk semua yang dinyatakan valid, red), dan Surat Pernyataan (tidak sedang menerima bantuan pendidikan lainnya dari Pemerintah),” jelasnya.

Bupati menuturkan, adapun mahasiswa yang kuliah di luar Muratara, Lubuklinggau dan Musi Rawas. Apabila telah dinyatakan valid ternyata tidak menyampaikan dokumen yang dimaksud diatas hingga pada tanggal 5 Agustus 2020. Maka dianggap mengundurkan diri dan bantuan tidak akan disalurkan kepada mahasiswa yang bersangkutan. “Sebagai informasi, hingga saat ini baru 734 mahasiswa calon penerima bantuan yang dinyatakan valid, yang mana telah memenuhi persyaratan, yaitu kedua dokumen yang dimaksud,” kata Bupati.

Lanjutnya, terkait penyaluran Bansos Tahap Kedua ini, sedikit terdapat perbedaan dengan penyaluran tahap pertama, (menyangkut tata cara dan isi paket bantuan). “Untuk tahap Kedua ini, penyaluran Sembako dilakukan di Kantor atau di Gudang Desa, (Serah terima dilakukan oleh penyedia barang ke Kepala Desa, dan disaksikan oleh tim distribusi dari Personil TNI/Polri dan Relawan),” ujarnya.

Bupati menjelaskan, sebelumnya telah dibagikan kupon oleh para Relawan kepada masyarakat yang berhak menerima bantuan, yang sesuai dengan daftar lampiran keputusan. Adapun isi Paket Sembako itu terdiri dari 10 Kg Beras Premium, 2 Kg Gula Putih, 2 Liter Minyak Goreng, dan 1 Botol (@330 ml) Sirup Limau. “Masyarakat yang telah menerima Kupon dapat menukarkan Kuponnya dengan paket Bantuan Sembako kepada Kepala Desa setempat,” tutupnya. (Vil23)

Previous Nopran Edwin (Anggota F-PKS DPRD Pagaralam) : Politik Itu Baik
Next Perebutan Kursi Ketum KONI Lahat Dimulai