Pemilu Disebut Tepat Waktu



PAGARALAM POS, Pagaralam – Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni SH menilai Pemilu 2019 di Kota Pagaralam berjalan lancar. Salahsatu indikasinya kata dia, tidak ada pemilih yang kehabisan waktu untuk menggunakan hak pilih. “Saya sempat khawatir, waktunya (pemungutan) sudah habis, masih banyak pemilih yang belum nyoblos,” ujar Alpian, ditemui Pagaralam Pos setelah menggunakan hak pilih di TPS 18 Dusun Tanjung Cermin Kelurahan Nendagung Kecamatan Pagaralam Selatan, kemarin.




Kekhawatiran Alpian itu cukup mendasar. Sebabnya pada Pemilu 2019 terdapat lima buah surat suara berbeda. Lima surat suara ini adalah Pilpres, Pileg DPR RI, Pileg DPD, Pileg DPRD Provinsi dan Pileg DPRD Kabupaten/Kota. Untuk mencoblos lima surat suara ini diperlukan waktu tidak singkat. “Paling tidak, tiap pemilih menghabiskan waktu empat menit dalam bilik,” ujarnya.




Namun lanjut Alpian, kekhawatiran itu ternyata tidak terjadi. Sebab, walaupun waktunya masih ada, sebagian besar TPS di Pagaralam sudah sepi. “Kita belajar dari simulasi yang selesainya pukul 11 malam,” ucapnya.
Ditemui Pagaralam Pos di sela-sela monitoring di TPS Kelurahan Tebat Giri Indah, Komisioner KPU Kota Pagaralam Divisi Teknis Kristian Hadinata memastikan, jalannya pemungutan berjalan tepat waktu. Seluruh pemilih di seluruh TPS bisa diakomodir hak pilihnya . “Sejauh ini tidak ada masalah yang krusial,” ujar Kristian.




Sementara itu, Ketua KPU Kota Pagaralam, Rahmat Qori Setiawan Amd mengatakan, tidak ada antrian panjang pemilih di TPS seperti yang terjadi di luar negeri. Ia memastikan, seluruh pemilih bisa menggunakan hak pilihnya. “Alhamdulillah berjalan lancar. Kalaupun ada kekurangan surat suara, itu sudah bisa ditanggulangi,” ujar Qori. (11)

Previous Antusias Masyarakat Cukup Tinggi
Next 2019, DPRKP Musi Rawas Rehab 370 Unit Rumah