Pemdes Harus Salurkan Bansos


PAGARALAM POS, Muratara – Berdasarkan surat keputusan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia No.6 tahun 2020 tetang Perubahan atas Peraturan Kemendes PDTT No 11 tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2020, Pemerintah Desa (Pemdes) salurkan Bantuan Sosial (Bansos) Rp1.800 per Kartu Keluarga.

Surat keputusan tersebut mengatur penggunaan Dana Desa (DD) untuk dianggarkan dalam pencegahan dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PMD-P3A) Muratara, Hj Gusti Rohmani, melalui Kabid Pemdes, Zulian Putra, kemarin.
Dijelaskannya, Bansos tersebut harus dikeluarkan oleh Pemerintah Desa sesuai Petunjuk Teknis (Juknis) yang ada untuk masyarakat Desa selama 3 Bulan sejak April, Mei dan Juni untuk setiap KK. “Bantuan ini dengan jangka waktu selama 3 bulan dan dengan besaran perbulan Rp600.000 untuk per KK,” kata Zuliyan.

Lanjutnya, dalam penyaluran Bansos DD tersebut diluar kategori penerima bantuan PKH, BNT maupun bantuan dari Pemda Muratara. “Saat ini pelaksanaan tersebut Kades segeralah melakukan pendataan sesuai kriteria dan aturan. Dan melakukan percepatan APB-Des Probahan sebab sudah masuk April,” imbuhnya.

Selain itu, dirinya juga meminta masyarakat untuk mensuport kebijakan pemerintah termasuk Social Distancing (Pembatasan Sosial). Dan diharapkan realisasinya sesuai dengan Juknis dan aturan. (Vil23/CE-V)

Previous Diberikan Penuh Tanpa Potongan
Next Masukkan Karyawan Asal Zona Merah