Pembebasan Lahan jadi Persoalan Serius


PAGARALAM POS, Pagaralam – Pembebasan lahan terkait pengerjaan sejumlah proyek besar di Kota Pagaralam, bakal jadi persoalan serius jika tak ditangani secepatnya. “Masih ada beberapa kendala untuk menuntaskan kesepakatan ganti rugi antara Pemkot Pagaralam dengan pemilik lahan (warga). SKPD yang baru terbentuk, khususnya yang membidangi pertanahan, untuk segera menyelesaikannya,” ujar Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kehumasan Kota Pagaralam, H Syafrani, kemarin.




Pendataan ini kata Syafrani, harus secepatnya. Pasang target di tahun ini ada skedul yang akan dikerjakan. “Lahan yang dibebaskan untuk segera disertifikasi, karena menyangkut kepentingan umum. Jika lahannya bermasalah, bagaimana pengerjaan fisik bisa jalan,” sambungnya.




Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, A Parliansyah ST MM menambahkan, tahun ini, untuk menyelesaikan pembebasan lahan Jalan Lingkar Timur dan daerah Irigasi Lematang, akan dianggarkan sekitar Rp15 miliar.




Ditambahkan Kadis PU dan Penataan Tata Ruang Kota Pagaralam, Hariadi Razak ST MM, melalui Kabid Bina Marga, Adriansyah ST MM mengatakan, untuk pengerjaan Jalan Lingkar Timur, dari 150 persil yang harus diganti rugi, baru sekitar 65 persil yang sudah diselesaikan. “Di lokasi lain, Simpang Manna – Tanjung Payang, Simpang Padang Karet – Tinggi Hari. Termasuk pembebasan Liku Lematang, yang belum rampung dikarenakan belum ada kesepakatan harga dikarenakan ada tanam tumbuh,” pungkasnya. (06/CE-V)

 

Previous Tampung 44 Usulan Skala Prioritas Masyarakat
Next Bantuan Kolam Apung Terbengkalai