Peluang Bentuk Taman Nasional Gunung Dempo


PAGARALAM POS, Pagaralam – Kemunculan harimau sumatera di Pagaralam dinilai membuat peluang untuk membentuk Taman Nasional Gunung Dempo (TNGD) terbuka. Sebabnya, keberadaan si raja rimba menandakan salahsatu syarat untuk membentuk taman nasional masih ada.

Walikota Pagaralam, Alpian maskoni SH mengatakan, BKSDA bilang syarat-syarat untuk membentuk taman nasional sudah ada semua di Pagaralam.        Syarat-syarat itu lanjut Kak Pian, di antaranya keberadaan satwa liar yang terlindungi. Yang terlihat akhir-akhir ini yakni harimau sumatera adalah salah satunya. Satwa liar lain yang ada di hutan lindung Pagaralam yakni macan emas, beghuk semundi dan paling fenomenal  kambing hutan. “Populasi satwa liar ini masih terjaga di Pagaralam,” katanya.




Bila terwujud, TNGD kata Kak Pian akan membuat ekosistem lingkungan dan satwa di kawasan Hutlin Gunung Dempo menjadi lebih terjaga. Juga adanya petugas khusus yang akan mengelola taman nasional. Inilah sebabnya dirinya mendukung rencana pembentukan taman nasional ini.

Sementara itu, Kasie Konservasi BKSDA Wilayah II Lahat, Martialis Puspito mengatakan, kawasan Hutlin Gunung Dempo sangat potensial untuk dijadikan sebagai taman nasional. Kawasan TNGD mencakup wilayah Pulau Panas Tanjung Sakti (Lahat), Pagaralam hingga Empat Lawang. “Dengan bentang mencapai kurang lebih 6.000 hektar,” sebutnya. (Atg06/Ag08/Cg09/Ed10/Pid11/Do19/Tom14)

Previous BKSDA Diminta Giring Harimau ke Habitatnya
Next Pagaralam Bukan untuk Ditakuti !