Pelat Warna Mobil Dinas Diganti Pribadi


PAGARALAM POS, Pagaralam – Pergantian warna pelat mobil dinas (Mobdin) di lingkungan Pemerintah Kota Pagaralam, dari merah menjadi pelat hitam, atau kendaran pribadi, sering dijumpai di sejumlah jalan protokol wilayah Kota Pagaralam. Bahkan sering berseliweran dipakai ke luar daerah, seperti Kabupaten Lahat maupun Kabupaten Empat Lawang. Hal ini tentunya menyalahi aturan.

Salahsatu tokoh masyarakat Kota Pagaralam, H. Dimyati Rais menilai, pergantian pelat kendaraan mobil dinas menjadi kendaraan pribadi dilakukan oleh oknum pejabat, tentunya sangat memalukan dan mencontohkan karakter pejabat yang suka memanfaatkan jabatan untuk kepentingan pribadi. “Tindakan itu tentunya sangat memalukan dan menunjukkan bobroknya mental pejabat negara,” tegasnya.

Selain itu, sambungnya, lemahnya pengawasan dari Pemerintah Kota Pagaralam terhadap pejabat yang diberikan hak menggunakan aset Negara. Oknum pejabat yang mengganti pelat mobil dinas seharusnya bangga mendapat fasilitas Negara yang dibeli melalui uang rakyat. Kendaraan dinas dipinjamkan bertujuan menunjang kinerja.

Terkait hal ini, Walikota Pagaralam, dr. Hj. Ida Fitriati MKes, melalui Kabag Umum dan Perlengkapan Setda Kota Pagaralam, Marjohan Derah mengatakan, pegawai di lingkungan Pemkot Pagaralam yang telah diberikan amanah menggunakan kendaraan dinas, diwajibkan dapat memelihara dan merawat dengan baik aset Negara tersebut.

“Berharap para pegawai yang diberikan amanah menggunakan aset Negara tersebut dapat menjaga dan merawatnya dengan baik, jangan sampai disalahgunakan. Apalagi pelat merah kendaaran dinas diganti menjadi pelat hitam,” jawabnya. (08/CE-V)

Previous Drainase Perkotaan Belum Berkualitas
Next Anggaran SKPD Dipangkas 40 Persen