Pelanggar Protkes Bakal Diberi Sanksi


Foto : Heru/Pagaralam Pos
BINCANGI : Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lahat, Ali Afandi saat dibincangi, Selasa (8/9).

PAGARALAM POS, Lahat – Kian meningkatnya angka perkembangan covid-19 di Kabupaten Lahat, membuat Pemkab Lahat ambil langkah sigap agar masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan. Pemkab Lahat berencana akan memberikan sanksi, kepada masyarakat yang tertangkap tidak mematuhi protokol kesehatan (Protkes).

Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lahat, Ali Afandi mengatakan, pihaknya bersama seluruh unsur sudah kali ke dua menggelar rapat terkait Inpres No 6 Tahun 2020, soal penegakan disiplin protokol kesehatan. Pertemuan ke 2 ini membahas soal draf Perbup yang telah disusun. “Pada umunya draf Perbub yang telah disusun itu dapat diterima, pada intinya soal penegakan disiplin protokol kesehatan,” kata Ali Afandi, dibincangi di halaman Pemkab Lahat, kemarin (8/9).

Ali juga membenarkan, dalam pertemuan tersebut juga membahas soal sanksi yang bakal diterima bagi pelanggar. Ali membeberkan, untuk sanksi perorangan ringan dan sedang, mulai dari teguran, dan teguran tertulis. “Sanksinya tetap mengedepankan kearifan lokal. Sanksi sedang perseorangan bisa seperti kerja sosial, membersihkan taman dan lainnya,” ujar Ali.

Sedangkan untuk pelaku usaha, sankinya mulai dari ringan, sedang, dan berat. Dimulai dari teguran lisan, pengumuman secara terbuka seperti malalui vidio yang dishare ke media sosial, hingga ke pencabutan izin usaha. Sanksi ini diberikan agar ada efek jera, sehingga tidak ditiru pelaku usaha yang lain. Sedangkan untuk tempat ibadah, diberikan teguran lisan dan tertulis kepda pengurus tempat ibadah. “Penerapan sanksi dibantu dengan aparat lain. Peraturan ini berlaku menyeluruh, hingga ke pasar tradisional di kecamatan dan desa. Hari ini baru akan minta rekomendasi Gubernur Sumsel, jadi belum tahu kapan akan diberlakukannya,” ucap Ali. (her18)

Previous Niat Bangun Rumah Tahfiz, Lelang Barang Antik
Next Bupati Ingatkan para Kades