Pelaku UKM Duren Siap Dirikan Koperasi Unggulan


Foto : adi/Pagaralam Pos
SAMPAIKAN ARAHAN : Kadis Koperassi, UKM, Tenaga Kerja dan Tranmigrasi saat menyampaikan arahan rapat calon anggota koperasi komuditas unggulan, kemarin

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Setidaknya 20 orang pelaku usaha duren di Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang siap dirikan koperasi komoditas unggulan.

Hal ini terlihat saat dilakukan rapat calon anggota dilaksanakan di ruang rapat kantor Dinas Koperasi, UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Empat Lawang di Jalan Poros, Tebing Tinggi,kemarin.

Sahlan salah seorang calon anggota mengaku dengan koperasi bisa mensejahtera anggota apalagi koperasi kali ini mulai pembentukan sudah difasilitasi pemerintah, makanya optiminis dengan wadah koperasi bisa mengangkat ekonomi para pelaku usaha, khususnya duren sebagai komuditas unggulan di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati. “Insya Allah sesuai tujuan bersama, tidak hanya mengangkat komuditasnya, nama daerahnya tapi kesejahteraan anggotanya yang utama,” kata Sahlan.

Hal senada dikatakan Levi, selaku petani duren selama ini mengaku belum menikmati hasil duren secara maksimal, karena banyak tengkulak yang menguasai pasar. “Harga dibeli murah, apalagi kalau dipanen sebelum masak pohon duren tahun berikutnya akan berkurang manisnya, lihatsaja pohon duren yang biasa dipanen sebelum waktunya banyak rusak, buahnya tidak super lagi,” imbuh levi.

Makanya Levi mengaku bersyukur diajak bergabung di koperasi komuditas unggulan khusus durian ini. Paling tidak bisa berbagi pengalaman dalam memasarkan duren, apalagi di dukung pemerintah duren bisa melonjak harganya jika diolah lebih lanjut, dengan kemasan dan tempat pemasaran yang juga dipromosikan pemerintah.

Sementara kepala Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Empat Lawang, Aidil Yuliansyah mengaku sangat mendukung pembentukan koperasi. Pihaknya akan terus memberikan perhatian lebih terhadap koperasi ini, karena pihaknya tidak hanya memfasilitasi pembentukan, namun lebih dari itu, memajukan dan mensejahterakan para anggota. “Koperasi ini snagat sejalan dengan visi misi bupati dan wakil bupati jadi kita dukung penuh sampai koperasi ini maju, memfasilitasi hulu hingga hilirnya,” tegas Aidil.

Tidak hanya itu, Aidil juga menjelaskan dalam hal kecil saja baik kunjungan keluar kota maupun tamu dalam kota pihaknya akan selalu menggunakan produk hasil koperasi sebagai souvenir, mengikut sertakan setiap pameran UKM sampai memfasilitas belajar pemasaran online dengan mendatang pemateri yang kompeten, sehingga tidak hanya di kenal di Sumsel bahkan nasional bahwa komuditas unggulan Empat Lawang bisa bersaing bersama UKM daerah lain. “Kami yakin koperasi ini nanti maju dan bisa menopang ekonomi para anggotanya, dengan syarat pengurus nanti dipilih orang yang amanah,” pungkasnya. (Ac07).

Previous PT EEM Diminta Kembalikan Hak Masyarakat
Next Jadi Percontohan Desa Keluarga Berkualitas