Pedagang Wajib Ikut Tera Ulang


PAGARALAM POS, Lahat – Sebagai salah satu bentuk perlindungan terhadap konsumen, setiap pelaku usaha yang menggunakan alat Ukur, Takar, Timbangan dan perlengkapannya (UTTP) dalam bertransaksi dagang wajib memeriksa alat yang digunakan melalui tera dan tera ulang.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Lahat Fikriansyah SE melalui Kabid Perdagangan Epan Triansyah mengungkapkan, hal tersebut wajib dilakukan untuk menghindari praktek kecurangan yang akhirnya merugikan para konsumen atau pembeli barang.

Sebab, untuk melakukan tera ulang ini tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang, apalagi dalam hal pengoperasian alat agar timbangan atau meteran yang digunakan pedagang benar-benar baku dan sesuai standar. “Minimal tim yang dipekerjakan ini sudah mengantongi sertifikat profesi,” jelasnya.

Walaupum demikian, sampai sejauh ini pihaknya meyakini jika para pedagang di Lahat sudah mematuhi aturan, karena belum ada laporan atau keluhan warga selaku konsumen yang merasa dirugikan akibat permainan timbangan oleh oknum pedagang. “Apapun bentuk keluhan konsumen baik itu berhubungan kuantitas atau kualitas barang yang dibeli bisa melaporkan ke YLKI. Karena kewenangan kami hanya sebatas pengawasan barang dan jasa yang masuk ke kabupaten Lahat,” ungkapnya. (mg21)

#baca berita selengkapnya…terbit 28 mei 2016#

Previous Tebing Tinggi Dikenal Pasar Macet
Next Kungkunan untuk Aguk Karok, Besuare untuk Agok Iluk