Patuhi Protkes Covid-19, Dominan Pilih Nikah di Rumah


Foto: Madhon/Pagaralam Pos
LAYANAN: Petugas KUA Pagaralam Selatan tengah melayani masyarakat, yang ingin melakukan pencatatan pendaftaran nikah.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Kantor Urusan Agama (KUA) Pagaralam Selatan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Protkes) Covid-19, dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, yang ingin hendak melakukan urusan di KUA.

“Di KUA Pagaralam Selatan ini, soal pelayanan kepada masyarakat, kita tetap terapkan Protkes Covid-19, kami pun telah menyiapkan sarana cuci tangan, berikut dengan sabun dan air yang mengalir,” terang Kepala KUA Pagaralam Selatan Drs Isnawi.

Selain sarana cuci tangan, kata Isnawi, pihaknya juga mengatur jarak tempat duduk, bagi masyarakat yang tengah melakukan urusan di KUA, serta tak lupa memakai masker. “Ini untuk pelayanan yang diberikan di KUA, sedangkan bila diluar KUA atau di rumah, sebisa mungkin di pencatatan nikah itu, kita tetap menggunakan Protkes Covid-19,” ungkapnya.

Isnawi menambahkan, untuk kejadian nikah atau peristiwa nikah, yang tercatat di KUA Pagaralam Selatan sejak awal hingga akhir Agustus 2020, sudah tercatat ada sebanyak 74 pasang nikah atau kejadian nikah.

“Untuk nikah di KUA sendiri, hanya ada 9 kejadian nikah, selebihnya memilih untuk melaksanakan nikah di rumah. Faktor yang mempengaruhi ramainya masyarakat memilih nikah di rumah, bila kita lihat karena masyarakat lebih senang, pelaksanaan akad nikah dilaksanakan di rumah,” serunya.

Meski demikian tambah Isnawi, bagi masyarakat atau pasangan pengantin, yang ingin melaksanakan nikah di KUA tetap dilayani, pada saat jam kerja dan hari kerja. “Prinsip kita dalam pelayanan ini, kita mengupayakan melayani masyarakat sebaik mungkin, dengan jalan apabila mereka belum mampu, dengan aturan-aturan akan kita sampaikan aturan itu, sehingga bila masyarakat sudah paham terhadap aturan tersebut, kita selaku pelayan ini tidak akan kesulitan melayani,” imbuhnya.

Pemahaman terhadap aturan inilah, tambah Isnawi, sangatlah ditekankan kepada setiap masyarakat, yang datang dan hendak berurusan di KUA Pagaralam Selatan. “Sekali lagi di dalam menjalankan tugas ini, kami tetap mengacu kepada undang-undang, yang harus diterapkan di tengah-tengah masyarakat, termasuk pula di dalam pencatatan nikah dan posisi pengaturan tempat duduk pelaksanaan nikah di KUA,” pungkasnya. (Cg09)

Previous Perawat di RSUD Terkonfirmasi Positif Corona
Next Operasi Bersih Dempo, Angkut 7 Karung Sampah