Pastikan tak Ada Tambahan Kuota Haji


Foto: net
Ilustrasi

PAGARALAM POS, Pagaralam – Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Pagaralam memastikan tidak ada kemungkinan penambahan kuota Calon Jama’ah Haji (CJH) tahun 2021, meskipun CJH tahun 2020 dibatalkan atau ditunda keberangkatannya.

Kepala Kankemenag Kota Pagaralam, H Win Hartan SAg MPdI melalui Kasi Pelaksanaan Haji dan Umrah, H Silahudin SAg MPdI menuturkan, bahwa yang mengatur perihal penambahan kuota jama’ah haji adalah peraturan International.

“Jadi kalapun ada, itu biasanya merupakan kuota Negara yang dipindahkan ke Negara lain juga, sehingga nanti sebarannya bisa dibagi ke daerah-daerah dalam satu negara tersebut,” jelas Silahudin.

Yang Jelas, kata Silahudin, dengan adanya surat keputusan Kemenag No.494 tahun 2020 tentang pembatalan pemberangakatan ibadah haji, secara otomatis jadwal keberangkatan mundur satu tahun, sehingga daftar tunggu yang sebelumnya hanya 20 tahun kini menjadi 21 tahun.

“Kan yang tahun ini (2020) berangkat tahun depan (2021). Jadi otomatis yang berangkat tahun depan pun juga mundur satu tahun. Bukan berarti CJH tahun ini akan berangkat bersamaan dengan CJH tahun depan,” terangnya.

Diketahui, ada 65 CJH asal Pagar Alam yang sudah menyelesaikan dan melunasi angsuran haji dan mengalami pembatalan keberangkatan, serta 7 CJH cadangan. Yang terkonfirmasi akan mengusulkan pengembalian pelunasan biaya perjalanan ibadah haji atau Bipih hingga saat ini belum ada. (Cg09/CE-V)

Previous Tetap Jalankan Operasi Rutin
Next Masih Ada Tak Mau Tera Ulang