Pasang Kandang Jebakan Buat Harimau


Foto : Ist For Pagaralam Pos
PANTAU : Warga saat memantu lokasi di titik pemasangan jebakan, Selasa (19/11).

PAGARALAM POS, Lahat – Pasca jatuhnya korban akibat teror harimau Sumatera, yang memasuki perkebunan warga di Desa Pulau Panas, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Lahat, beberapa hari lalu. Kepala Seksi BKSDA Wilayah II Lahat, Martialis menyampaikan, warga jangan terlalu ditakutkan oleh hal ini. Pihaknya sudah melakukan upaya, untuk mengusir hewan buas tersebut. “Kita sudah membuat jebakan kandang untuk si harimau, supaya penduduk desa dan sekitarnya bisa kembali beraktifitas normal,” ujar Martialis, Selasa (19/11).




Bukan hanya itu, bersama unsur tripika dan warga setempat. BKSDA juga berencana lakukan penyisiran. Agar saat harimau terlihat, bisa segera digiring masuk ke dalam hutan. Mengingat antara perumahan warga dengan hutan lindung, hanya berjarak sekitar 1 KM. “Banyak hal penyebab turunnya hewan dilindungi ini. Bisa jadi karena ketersediaan makanan berkurang, sumber air kering mengingat musim kemarau,” sampainya.

Sementara, Camat Tanjung Sakti Pumi, Awang Firmansyah SSos mengatakan, kondisi saat ini belum sepenuhnya aman. Kita imbau masyarakat tidak dulu melakukan aktifitas berkebun. Mengingat keberadaan harimau sendiri belum bisa dipastikan. “Jebakan memang sudah dipasang, tapi masyarakat kita imbau kurangi dulu aktifitas di kebun. Sampai kondisi dinyatakan aman,” katanya. (mg02)

Previous Tips menghindari serangan Harimau
Next Tanamkan Gotong Royong Sejak Dini