Parpol Wajib Laporkan Pertanggungjawaban Keuangan


PAGARALAMPOS, Pagaralam – Partai politik (Parpol) yang ada di Kota Pagaralam diimbau untuk segera melaporkan pertanggungjawaban keuangan partai secara tertib dan transparan. Hal itu dikemukakan Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati Basjuni pada acara sosialisasi dan pembinaan terhadap partai politik, di ruang Besemah II Sekretariat Kota Pagaralam, kemarin.




Menurut Ida, imbauan kepada para pengurus Parpol untuk melaporkan pertanggungjawaban keuangan secara tertib dan transparan, adalah untuk menghindari permasalahan administrasi. Karena, bisa menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai lembaga yang berwewenang melakukan pemeriksaan keuangan sebuah lembaga pemerintahan, atau yang berhubungan dengan pemerintahan, termasuk bantuan untuk Parpol.




“Akan sangat merepotkan jika pertanggungjawaban keuangan tidak tertib. Karena BPK akan masuk. Dan jika ada temuan, termasuk bantuan untuk Parpol akan terhambat,” ujar Ida.




Ia mengimbau pula, demi kelancaran bersama, laporan harus diselesaikan dan diharapkan Parpol yang ada di bawah pembinaan Pemkot Pagaralam tidak ada permasalahan.




“Bantuan keuangan kepada Parpol sudah diatur dalam peraturan pemerintah nomor 5 tahun 2009. Setiap Parpol berhak mendapatkan bantuan tersebut, sesuai dengan proporsi yang diatur berdasarkan perolehan suara,” ucapnya.




Sementara, Kepala Badan Kesbangpol Kota Pagaralam, Rahmat Hidayat menyebutkan, pembinaan dan sosialisasi Parpol meningkatkan kemampuan administrasi dan kemampuan mengelola keuangan.




Dengan demikian Parpol dapat memberikan laporan pertanggungjawaban dengan benar. “Karena bantuan Parpol dianggarkan melalui APBD, tentunya pemakaian anggaran tersebut harus dapat dipertanggungjawabkan,” pungkasnya. (08/CE-V)

Previous Ungkap 8 Kasus, Pemain Narkoba Digulung
Next Survei dan Hitung Ulang Pembebasan Lahan