Pandangan Fraksi Wajib Dijawab


Foto: Dok/Pagaralam Pos WAKIL RAKYAT: Gedung DPRD Pagaralam pada bagian depan.

PAGARALAM POS, Pagaralam- Pandangan yang disampaikan fraksi-fraksi di DPRD Pagaralam tak bisa dianggap angin lalu. Pemerintah, kata Ketua Fraksi PKS (F-PKS) DPRD Kota Pagaralam, Abdul Fikri Yanto SThI MAg, harus memberikan respon atas pandangan itu. “Wajib dijawab,” ujarnya, dihubungi Pagaralam Pos kemarin (23/7).

Itulah sebabnya, dalam sidang paripurna DPRD Pagaralam beberapa hari lalu ada agenda jawaban Pemkot Pagaralam atas pandangan fraksi. Seluruh pandangan fraksi yang telah disampaikan sebelumnya oleh seluruh fraksi, dijawab oleh Pemkot. Jawabannya dibacakan secara langsung. “Kewajiban (menjawab pandangan fraksi) ini diatur dalam UU No 23 tentang pemerintahan daerah,” imbuh Fikri.

F-PKS tambah Fikri, sering mengeluarkan beberapa pandangan terkait kebijakan Pemkot Pagaralam. Misalnya saja dicontohka Fikri, pandagan F-PKS terkait masalah peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Saat itu Fikri bilang, F-PKS meminta Pemkot menggali potensi daerah supaya PAD terkatrol. Pandangan ini pun kemudian dijawab Pemkot.

Itu semua kata Fikri merupakan bagian dari penggunaan fungsi fraksi. Setidaknya papar dia ada tiga fungsi fraksi dalam DPRD. Yakni sebagai etalase partau atau wajah partai di pemerintahan. Kedua wadah perwakilan partai dalam memperjuangkan nilai-nilai yang diyakini oleh partai masing-masing. Ketiga fraksi sebagai wadah koordinasi bagi anggota DPRD dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat melalui komisi-komisi.

Fikri pun berharap, fungsi-fungsi fraksi di dalam DPRD dapat lebih dimaksimalkan lagi. Dengan demikian peranan fraksi akan lebih terasa dalam memperjuangkan aspirasi rakyat. “Sesuai harapan rakyat,” tuturnya. (Pid11)

Previous Terus Berinovasi, YIP Bentuk Tim Asesor
Next Nopran Edwin (Anggota F-PKS DPRD Pagaralam) : Politik Itu Baik