Pancaroba, Pasien Batuk Pilek Mendominasi


Foto: net
Ilustrasi

PAGARALAM POS, Pagaralam – Musim pancaroba terjadi di Kota Pagaralam, turut pula memberikan dampak buruk terhadap kondisi kesehatan masyarakat, sehingga tidak sedikit masyarakat terserang penyakit.

“Perubahan cuaca yang terjadi sekarang ini, kita akui cukup berpengaruh terhadap kondisi daya tahan tubuh, tidak sedikit masyarakat terserang berbagai macam penyakit, yang datang berkunjung ke Puskesmas, untuk memeriksakan kondisi kesehatan,” ujar Kepala UPTD Puskesmas Pengaringan Dwi Gustono H Skeb.

Dwi menyebut, jika kunjungan masyarakat selaku pasien ke Puskesmas Pengaringan, cukup mengalami peningkatan dibandingkan beberapa bulan lalu, kebanyakan pasien yang datang kesini, terserang penyakit Inspeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).

“Yang jelas jumlah pasien penderita batuk dan pilek, memang cendrung naik tapi tidak begitu signifikan. Kebanyakan memang yang datang akhir-akhir ini, karena sakit batuk dan pilek, serta efek samping dari kedua penyakit itu yaitu demam,” paparnya.

Diakui Dwi, biasanya terkhusus di Puskesmas Pengaringan, untuk penanganan kasus pasien ISPA cukup jarang, akan tetapi beberapa pekan belakangan ini, sempat menangani 40 pasien yang datang berobat, rata-rata keluhan dan penyakitnya batuk pilek. “Kita sarankan kepada masyarakat, agar selalu waspada saja karena kita sedang dalam musim pancaroba. Perbanyak minum air putih dan makan yang bergizi,” pesannya. (Cg09)

Previous Disperindagkop Pagaralam Data 60.774 Alat UTTP
Next Masyarakat Butuh Tempat Tinggal Layak