Pagaralam Miliki Udara Sejuk dan Air Bersih


Foto : Madhon/Pagaralam Pos
FUN BIKE : Walikota Pagaralam Alpian Maskoni beserta Kapolres AKBP Trisaksono Puspo Aji SIk MSi bersepedia ria menyusuri jalan kota dalam giat car free day.

Car Free Day Diaktifkan Kembali
PAGARALAM POS, Pagaralam – Sempat vakum, pelaksanaan car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor diaktifkan kembali. Aktifnya kembali CFD ini, disambut baik Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni SH.




Car free day (CFD) yang digagas jajaran Polres Pagaralam, kemarin (2/12), mengambil lokasi di Lapangan Merdeka. Secara resmi, CFD diluncurkan Walikota Pagaralam Alpian Maskoni, ditandai dengan deklarasi penandatanganan bersama tertib berlalu lintas. Dihadiri Pimpinan BRI Cabang Pagaralam Zulherman Isfia, Asisten, Kepala OPD dilingkungan Pemkot Pagaralam. “Kita menyambut baik giat car free day ini. Hingga kini, kita masih menikmati udara yang bebas dari asap kendaraan bermotor. Di Pagaralam, yang paling penting ada dua, yakni udara yang sejuk dan air yang bersih,” ungkap Kak Pian.




Acara seperti ini (car fre day) kata Kak Pian, diharap bisa terus dilakukan. Disamping bisa memperbaiki kualitas udara, juga dapat membangkitkan ekonomi kreatif masyarakat. “Kegiatan seperti ini bisa terus kita lakukan, mungkin dalam satu bulan ada tiga kali car free day. Kita atur nantinya siapa yang menjadi tuan rumah, untuk pelaksanaan giat car free day ini. Kalau sekarang dari Polres, kedepan dari pihak BRI dan terus dilanjutkan ke OPD, kita gantian untuk menjadi tuan rumah,” ucapnya.




CFD juga lanjut Kak Pian, bisa dijadikan sebagai sarana mengakomodir peningkatan ekonomi kerakyatan, dengan bisa menjual makanan hasil UKM masyarakat bersamaan adanya wahana bermain. “Bagi pengunjung yang hadir di CFD, bisa menikmati berbagai hiburan serta kegiatan olahraga bersama, maupun kegiatan menyenangkan lainnya bersama keluarga,” katanya




Sementara Kapolres Pagaralam, AKBP Trisaksono Puspo Aji SIk MSi menuturkan, tujuan diadakan car free day, selain meningkatkan silaturrahmi, juga solidaritas dan menanamkan kepada masyarakat, bisa sehat dengan olahraga bersama. Kemudian meningkatkan pemberdayaan UKM dalam peningkatan ekonomi masyarakat.




“Diimbau kepada para orangtua, jangan mudah memberikan izin untuk menggunakan kendaraan bermotor, apabila umurnya belum mencukupi. Kita boleh sayang terhadap anak, tapi hendaknya harus dimanjakan dengan ilmu yang bermanfaat,” harapnya.




Ditambahkan Kasat Lantas Polres Pagaralam, AKP Baroya, car free day tiap minggu akan diaktifkan kembali, berlaku mulai pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB disepanjang ruas Jalan Kapten Sanaf, dari Simpang Petani hingga Tugu Jam Besemah lampu merah depan SMAN 1 Pagaralam. “Jalur car free day mengalami perubahan lebih pendek dibanding tahun lalu. Di lokasi CFD, kita juga menyediakan pelayanan mobil Samsat keliling, guna memudahkan pelayanan pajak kendaraan bermotor,” pungkasnya. (08/09)

Previous KSM Ikuti Teknologi, Jualan Produk Online
Next Turun ke Lapangan Saat Kejadian