Optimis Penjualan Hewan Qurban Meningkat


Foto: Madhon/Pagaralam Pos
HEWAN QURBAN: Peternak sapi dan kambing tengah memberikan pakan terhadap hewan qurban, yang jelang Idul Adha penjualan hewan qurban sedikit menurun.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Kendati di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang turut membuat daya beli masyarakat ikutan menurun, namun sejumlah pelaku usaha penjualan hewan ternak tetap merasa optimis jika penjualan hewan qurban di tahun ini tetap meningkat.

“Tahun ini kita prediksi penjualan hewan qurban mengalami penurunan. Bila dibanding dengan tahun lalu penjualan hewan qurban cukup mengalami peningkatkan,” terang Pedagang Hewan Qurban, Ninok, ketika dibincangi wartawan koran ini.

Menurut Ninok, penurunan penjualan hewan qurban yang diprediksi menurun, tentu salahsatu penyebab utamanya adalah faktor ekonomi. Sebab sejauh ini baru ada 9 ekor sapi dan 20 ekor kambing yang terjual.

“Kalau kita kalkulasikan, di tahun 2019 lalu hewan qurban yang terjual itu sekitar 300 ekor. Tapi untuk di tahun 2020 ini kita perkirakan bisa menyentuh sekitar 150 ekor. Faktor daya beli masyarakat sangat mempengaruhi, terlebih lagi di tengah kondisi Covid-19 ini, sebab yang paling banyak laku terjual itu pada saat hajatan, seperti hajatan aqiqah, sedangkan untuk hari raya qurban sendiri itu kan momen,” ungkapnya.

Mengenai harga jual hewan qurban sendiri, diakui Ninok dimulai dari harga Rp2 juta hingga Rp3 untuk harga kambing, sedangkan harga jual sapi berkisar Rp14,5 juta sampai di harga Rp24 juta. “Ada pula harga jual sapi yang lebih mahal, hanya saja biasanya untuk sapi qurban itu harga Rp20an juta inilah yang biasanya dibeli masyarakat,” terang Ninok.

Untuk pembeli hewan qurban di sini, ditambahkan Ninok, berasal dari warga di Empat Lawang, Tanjung Sakti dan Pagaralam tentunya. “Di sini juga kita melayani antar alamat, serta bisa nitip sampai hari H untuk pelaksanaan qurban,” imbuhnya.

Ninok juga menyebutkan pihaknya tetap optimis, penjualan hewan qurban ini tetap meningkat, mengingat masih tersisa beberapa hari ke depan jelang pelaksanaan qurban yang dilakukan setelah Salat Idul Adha. “Kita berharap kondisi sekarang bisa cepat pulih, pandemi Covid-19 cepat berlalu,” harapnya. (Cg09/CE-V)

Previous Ya Allah, Nolong Nian Pemerintah
Next Tren Menikah di KUA PAU Meningkat Tajam