Operasional Pengangkut Sampah Belum Ideal


PAGARALAM POS, Muratara – Dalam Memaksimalkan Pengakutan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), akan menambah armada pengakut sampah di tahun 2019.




Saat ini Dinas LHP Muratara hanya memiliki Lima kendaraan pengakut sampah, dua mobil dam truck dan tinga kendaraan motor roda tiga. “Dari lima kendaraa yang dimiliki hanya tiga yang masih bisa beroperasi, Dua kendaraan Mobil dan satu kendaraan motor, sedangkan dua kendaraan motor lainnya sudah rusak” kata Kepala Dinas LHP Alwi Roham Melalui Kabid Pengelolaan Sampah Nopriyani linda sari.




Ditambahkannya, jumlah kendaraan operasional pengakut sampah yang saat ini ada memang masih jauh dari kata ideal untuk pengakutan sampah di Lingkungan Kabupaten Muratara, Karenanya pada tahun 2019 akan dilakukan penambahan kendaraan operasional. “Sudah dianggarkan pada tahun 2019, akan ditambah dua kendaraan pengangkut sampah, satu kendaraan Mobil Dum Truck dan satunya lagi kendaraan motor roda tiga,” ujarnya.




Dia meneruskan, penambahan armada pengangkut sampah diusahakan setiap tahun ada, hal tersebut akan terus diupakan sampai jumlah armada pengakut sampah dirasakan ideal dengan jumlah sampah yang ada di wilayah muratara mencapai 100 ton setiap harinya. “Do’akan saja, semoga 2020 nanti juga ada penambahan armada pengakut sampah, sehingga pengangkutan sampah dari Tempat Pembuangan Sampah(TPS) ke tempat Pembuangan Akhir (TPA) berjalan dengan normal,” terangnya.




Selain armada pengakut sampah lanjutnya, saat ini pihaknya juga tengah mengupayakan pemindahan TPA sampah, karena lokasi TPA yang dimiliki saat ini di Desa Lubuk Rumbai posisinya sangat tidak strategis, bila hujan deras, lokasi TPA akan penuh dengan air. “Posisi TPA sampah kita di dataran rendah seperti rerawahan. Untuk itu, sedang diusahakan untuk pindah, telah ada lokasi baru di Desa sungai Jauh, rencananya seluas 13 hektar, namun saat ini baru dapat izin 9 hektar,” pungkasnya. (mg03)

Previous Driver Ojol Tewas Disambar Motor Warga
Next Rusak Fasilitas Perusahaan, Adi Dibekuk Polisi